SERANG – Bulog Sub Divre Serang jamin persediaan beras jelang bulan suci Ramadhan aman. Pasalnya stok beras yang masih tersedia di Bulog Sub Divre Serang menjelang ramadhan kurang lebih sebanyak 4.500 ton atau cukup hingga 4 bulan kedepan.
“Bulog dalam hal ini akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk melakukan operasi pasar,”kata Kasi Pelayanan Publik Bulog Sub Drive Serang, Khaerul saat dihubungi via telepon seluler, Senin (8/5).
Lebih lanjut, ia menjelaskan, menjelang ramadhann juga, Bulog akan menggelar operasi pasar untuk menekan harga beras di pasar, Namun untuk saat ini harga beras masih terpantau stabil.
“Saat ini masih ada masa panen dan persediaan di penggilingan serta
petani masih punya stok gabahnya. Sedangkan untuk tahun sebelumnya pun harga beras terpantau stabil,” ujarnya.
Sementara itu, lanjutnya, untuk melakukan operasi pasar juga jika harga beras tersebut dalam kurun waktu 1 minggu kenaikannya 10 persen dan berturut-turut naik 10 persen, maka Bulog akan langsung melakukan operasi pasar. Tetap tetap melakukan koordinasi dengan Disperindag.
“Termasuk kami juga ada gula, daging dan minyak goreng. Kami sudah siap untuk melakukan operasi pasar,” ujarnya.
Sedangkan, stok gula untuk persediaan jelang ramadhan juha masih terbilang aman, yakni sejumlah 250 ton atau dapat mencukupi hingga kebutuhan yang ada.
“Persediaan gula hanya untuk kebutuhan di Kota Serang dan Cilegon terkait penyaluran BPMT. Kami masih bisa mencukupi dalam 250 ton sekitar 4-5 bulan. Sama halnya dengan minyak goreng,” katanya.
Selain itu, masih kata dia, untuk persedian daging, Bulog Sub Divre Serang menyediakan kurang lebih 1 ton untuk daging sapi dan kerbau. Namun, jika nanti terjadi permintaan, maka pihaknya akan langsung meminta ke pusat untuk mengirimkan kebutuhannya.
“Kalau daging itu perawatannya lebih intens, kalau disini belum ada hanya ada di Divre Jakarta dan Banten,” ungkapnya. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)