Bulog Siapkan Layanan Beli Beras Online

JAKARTA – Kini belanja beras pun bisa menggunakan sistem online setelah Perum Bulog meluncurkan PangananDotCom, Selasa (26/11). Supermal pangan online besutan Perum Bulog itu diklaim merupakan yang pertama di Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso berharap, masuknya Bulog ke bisnis online bisa membawa BUMN khusus pangan tersebut menjadi raja pasar di Indonesia. PangananDotCom dihadirkan untuk memudahkan masyarakat atau konsumen membeli beras secara online.

“PangananDotcom diharapkan menjadi king market atau supermal bahan pangan online yang terbesar di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari dengan mudah, dengan biaya pengiriman yang murah,” kata pria yang akrab disapa Buwas itu dikutip JawaPos.com dari Antara, Selasa (26/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan, sementara ini konsumen dapat mengakses PangananDotCom melalui e-commerce Shopee. Namun ke depan, Bulog juga akan menggandeng e-commerce lainnya.

Kehadiran PangananDotCom diharapkan dapat memutus rantai distribusi yang terlalu panjang. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, terdiri lebih dari 17 ribu pulau.

Buwas ingin, PangananDotCom bisa menjadi solusi praktis masyarakat dalam berbelanja sembako. Selain itu, PangananDotCom juga dirilis guna menyukseskan program bantuan pangan nontunai atau yang disebut Kartu Sembako melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Harapannya, penerima bantuan dapat memperoleh bahan pangan dengan mudah dan harga yang sama di seluruh wilayah Indonesia, dan mereka tidak perlu lagi ke luar rumah, tidak perlu keluar ongkos untuk terima beras,” kata Buwas. (jpc/aas/ira)