BUMDes Tobat Gemilang Kembangkan Warung Deret

Sekretaris Desa Tobat Hendrawan Kusuma menjelaskan unit usaha BUMDes Tobat Gemilang.

TANGERANG – Pemberdayaan masyarakat menjadi program prioritas Pemerintah Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Tahun ini, sasarannya adalah pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

        Sasaran program pemberdayaan masyarakat ini adalah kerajinan kayu dan BUMDes Tobat Gemilang dengan warung deretnya. Untuk itu, Sekretaris Desa Tobat Hendrawan Kusuma menyatakan bahwa Pemerintah Desa Tobat telah mengalokasikan Dana Desa 2019. Sehingga diharapkan, pengembangan UMKM di desanya terbantu.

        Warung deret yang dikelola BUMDes Tobat Gemilang sejak 2017, menurut Hendrawan, telah disewa oleh pengusaha kuliner di desanya. BUMDes ini, juga tengah fokus mengembangkan unit usaha lainnya. Seperti, Ketoprak Kodir, isi ulang air mineral, pengolahan limbah menjadi pakan ternak, dan kerajinan lukis bakar dari kayu.

        ”Ketoprak Kodir hanya ada di Desa Tobat. Walau pun banyak ketoprak di tempat lain, tapi yang pasti, (Ketoprak Kodir-red) rasanya berbeda. Dari segi penyajian dan rempah bumbunya, (Ketoprak Kodir-red) beda dengan ketoprak yang biasa kita lihat. Sekarang, usahanya diteruskan oleh putra-putrinya,” jelas Hendrawan pada Kamis (11/4).

Staf Desa Tobat (kiri) melayani warga melihat data Pemilu 2019 di Kantor Desa Tobat, Kamis (11/4) lalu.

        Soal isi ulang air mineral, Hendrawan mengatakan, bahwa BUMDes Tobat Gemilang akan memenuhi kebutuhan di beberapa perusahaan di desa ini. ”Ada satu yang menjadi inovasi Desa Tobat, yaitu lukisan kayu yang dibuat dengan cara dibakar. Jika kita kembangkan kerajinan ini, maka akan menjadi unggulan bagi Desa Tobat. Hanya saja, saat ini, masih terbentur dengan modal serta pemasaran,” tuturnya.

        Salah satu pelanggan Ketoprak Kodir, Ika Yulianti (40), mengakui jika cita rasa makanan tradisional khas Desa Tobat berbeda dengan ketoprak pada umumnya, terutama dalam cara pembuatan bumbunya. Menurut Ika, bumbu Ketoprak Kodir tidak diulek.

        ”Saya warga sini, selalu mampir dan beli Ketoprak Kodir bersama anak saya. Saya sepertinya sudah menjadi langganan ketoprak ini. Harganya sangat terjangkau,” tutupnya. (pem/red/sub)