Bunga-bunga di RT 01, Margaluyu

0
683 views

KASEMEN – Lingkungan Margaluyu, RT 01 RW 01, Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, telah dihiasi tanaman hias dan bunga. Saat ini, memang belum semua warga di perkampungan ini telah menghijaukan rumahnya. Sebagian warga tengah menuju ke tahap itu.

Ketua RW 01, Lingkungan Margaluyu, Suheli menyebutkan, warganya sangat antusias megikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warga RT 01 RW 01 telah beberapa kali bergotong royong membersihkan dan menata lingkungan mereka. Rak bertingkat berikut pot dan tanamannya telah dipasang  di beberapa halaman rumah warga.

“Sekarang belum semua, tapi hampir semua (warga-red) sudah punya peralatannya. Dari pot bunga sampai penyangga pot bertingkat dari besi,” jelasnya, Kamis (2/4).

Namun, diakui Suheli, kegiatan warga bergotong royong tersendat akibat pandemi corona. Saat ini, warga menata halaman rumahnya masing-masing. Mereka tetap bertekad, lingkungannya menjadi berbunga.

“Sekarang kan lagi enggak boleh kumpul-kumpul. Tapi warga tetap gerak menata halaman rumah masing-masing,” kata Suheli.

Dekorasi jalan di perkampungan ini dengan pengecatan, lanjut Suheli, juga telah direncanakan. Pelaksanaannya setelah upaya membuat lingkungan berbunga rampung. “Penghijauan sedikit lagi,” ucapnya.

Wilayah RT 01 RW 01, Lingkungan Margaluyu, memang telah dilengkapi pos ronda. Namun, belum ada jadwal ronda malamnya. Serta peralatan pemndukung keamanan lingkungan lainnya, seperti kentongan, senter, pentungan, borgol, dan kotak P3K.

“Pembentukan jadwal rondanya setelah penataan pos ronda selesai.” ujar Suheli.

Lurah Margaluyu Sujana menambahkan, ada enam RT yang diikutkan LRLA Kota Serang 2020. Keenam RT, lanjutnya, tengah fokus pada penghijauan dan menjadikan lingkungannya berbunga.

“Ada 4 RT di RW 01. Yaitu, RT 01, RT 02, RT, dan RT 22. Di RW 05, ada RT 04 dan RT 23. Keenam RT ini dipilih karena masih satu wilayah, di Lingkungan Margaluyu,” jelas Sujana. (rio/don)