Bunga-bunga di RT 02 Angsana Bernilai Ekonomi

KASEMEN – Kebiasaan warga RT 02 RW 06, Lingkungan Angsana, Kelurahan/Kecamatan Kasemen, menjadi modal kampung ini di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Yakni, menanam bunga-bunga yang punya nilai ekonomi.

Ya. di hampir setiap rumah warga RT 02, ada bunga melati, pacar air, kenanga, dan kantil. Modal ini, setidaknya bisa menunjang RT 02 untuk berkompetisi di kategori lingkungan paling berbunga LRLA.

“Warga, dari sebelum lomba, sudah biasa menanam bunga di halaman rumah mereka. Bunga yang dipilih warga rata-rata bukan kembang untuk hiasan, tapi kembang jenis melati, pacar air, kenanga, kantil. Kembang yang biasa dipakai ziarah,” ujar Ketua RW 06  Dedi Junaedi pada Rabu (15/7).

Menurutnya, bunga yang ditanam warga RT 02 itu biasanya dijual ke Pasar Lama untuk memenuhi kebutuhan warga untuk berziarah. Warga selalu memetik bunga ketika mekar.

“Kembang-kembang di sini (RT-2), begitu mekar pasti langsung dipetik. Yang jualan kembang di Pasar Lama itu rata-rata warga sini,” jelas Dedi.

Penataan lingkungan RT 02 sendiri belum rampung. Warga berencana melanjutkan pengecatan di lokasi yang belum dicat. Warga juga masih harus membangun pos ronda.

“Salah satu kendala kami adalah letak pos ronda, karena lokasi pos ronda kami sebelumnya digusur untuk pembangunan perumahan. Pos ronda mah sudah ada, kami masih mencari lokasinya,” tutur Ketua RT 02 Habibi.

Habibi berencana mengajak warganya untuk menjadikan RT mereka menjadi kampung yang resik lan aman. Gotong royong telah diagendakan rutin setiap hari Jumat.

“Karana mayoritas warga di sini swasta, kegiatan kami difokuskan di hari Jumat. Kalau hari Minggu, rata-rata warga menolak karena berurusan dengan pekerjaan,” pungkas Habibi. (rio/don)