Bungkam Rusia 3-0, Wales Berhak Duduki Puncak Klasemen Grup B

Gareth Bale/UEFA.com
Gareth Bale/UEFA.com

WALES tampil menggila pada laga pamungkas Grup B Euro 2016. Gareth Bale dan kawan-kawan membungkam Rusia dengan skor 3-0 di Stadium de Toulouse, Selasa (21/6) dini hari WIB.

Sejak awal laga, Wales memang tampil begitu percaya diri. Serangan-serangan yang dilancarkan mereka mampu membahayakan gawang Rusia yang dikawal Igr Akinfeev. Namun, belum bisa membuahkan peluang apalagi gol.

Baru pada menit ke-11, Wales mampu membuka keran gol. Aaron Ramsey membawa Wales memimpin usai mengkonversi umpan manis Joe Allen dengan sepakan terarah guna menaklukkan Akinfeev.

Wales kian percaya diri menekan pertahanan Rusia setelah gol pertama tercipta. Permainan mereka tambah meyakinkan dan sangat menguasai jalannya pertandingan.

Hasilnya, skuat asuhan pelatih Chris Coleman ini kembali menggetarkan gawang Rusia pada menit ke-20 melalui Neil Taylor. Tendangannya memang sempat ditepis Akinfeev, tapi bola muntah langsung disambutnya untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Wales hampir menambah keunggulan andai aksi Ramsey di dalam kotak penalti tidak digagalkan oleh bek Rusia, Igor Smolnikov. Skor 2-0 untuk keunggulan Wales menjadi penghias papan skor pada akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Wales tak mengendurkan tekanan. Beragam peluang emas kembali mereka ciptakan.

Akhirnya, Bale turut mencantumkan namanya di papan skor pada menit ke-67. Mendapatkan bola umpan dari Ramsey, Bale melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Keunggulan 3-0 membuat Wales sedikit bisa bersantai dan mengendurkan ritme permainan. Akan tetapi, situasi itu gagal dimanfaatkan Rusia.

Kemenangan 3-0 membuat Wales berhak memuncaki klasemen Grup B karena pada saat bersamaan, Inggris dan Slovakia berbagi skor imbang tanpa gol.

Susunan Pemain

Rusia: Akinfeev; Kombarov, Ignashevich, V. Berezutsky (Aleksei Berezutski 46′), Smolnikov; Smolov (Samedov 70′), Glushakov, Mamaev, Kokorin; Shirokov (Golovin 52′); Dzyuba.

Wales: Hennessey; Chester, Williams, Davies; Gunter, Allen (Edwards 74′), Ledley (Andy King 76′), Taylor; Ramsey, Vokes, Bale (Church 83′).

(ira/JPG)