Bupati Ajak Berbagai Pihak Bantu Tangani Masalah Sosial di Masyarakat

0
1.651 views
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan sambutan di hadapan pengurus Nurul Fikri Boarding School yang datang untuk memberikan bantuan kepada Pemkab Serang di Pendopo Bupati Serang, Senin (20/4).

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak berbagai pihak turun tangan membantu proses penanganan virus corona atau Covid-19. Terutama membantu mengatasi masalah sosial di masyarakat dampak dari pandemi virus mematikan itu.

“Yang mampu ayo kita tangani bersama-sama dengan Pemkab Serang. Karena yang cukup besar yang harus kita tangani adalah persoalan sosial di masyarakat,” ajak Tatu usai menerima bantuan dari Lembaga Pendidikan Nurul Fikri Boarding School di Pendopo Bupati Serang, Senin (20/4).

Tatu mengungkapkan, saat ini ada 56 ribu keluarga yang mendapat program bantuan pangan non tunai (BPNT) dan 15 ribu keluarga yang mendapat bantuan program keluarga harapan (PKH). Kemudian ada 78 ribu keluarga terdampak Covid-19 yang harus dibantu Pemprov Banten dan Pemkab Serang. “Kita juga harus membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Yang tadinya bekerja menjadi tidak bekerja. Yang tadinya punya penghasilan menjadi tidak. Ini harus disiapkan kebutuhan pokoknya,” saran ibu tiga anak itu.

Bagi pekerja yang dirumahkan atau kena pemutusan hubungan kerja (PHK), kata Tatu, bisa mengakses program Kartu Prakerja dari pemerintah pusat. “Memang ada laporan sejumlah perusahaan yang merumahkan pekerjanya. Tapi beberapa perusahaan juga membantu dalam bentuk bantuan sosial bagi masyarakat,” ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Terkait bantuan yang diberikan Lembaga Pendidikan Nurul Fikri Boarding School kepada Pemkab Serang untuk penanganan virus corona, baik untuk tenaga medis maupun warga yang terdampak secara ekonomi, Tatu menyampaikan terima kasih kepada Nurul Fikri dan para santri beserta orangtuanya. “Ini (bantuan-red) contoh untuk yang lain,” ucap Ketua Pelang Merah Indonesia (PIM) Banten itu.

Sementara itu, Humas Nurul Fikri Boarding School, Mohamad Kholisul Ibad Arifin menyebutkan, pihaknya memberikan bantuan kepada Pemkab Serang berupa hazmat suit 1.200 pcs, masker N 95 sebanyak 500 pcs, sembako 527 paket, masker kain 1.000 pcs, face shield 100 pcs, shoe cover 110 pasang, vitamin C 50 mg 45 box, masker sensi 2 box, hand sanitizer 25 liter, dan cairan disinfektan 25 liter. Selain itu, pihaknya juga memberikan santunan untuk 151 guru ngaji di lima desa. “Kita berupaya bersinergi dengan semua stakeholder. Kita berharap semua masyarakat, terutama lembaga pendidikan, apa yang bisa kontribusikan untuk melawan Covid-19 ini kita upayakan,” ucap Arifin. (jek/zai)