Bupati Berangkatkan Dua Juara Harapan Bintang Sains 2020

0
11.695 views
Bupati Ratu Tatu Chasanah bersama Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, Dandim 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait berfoto bersama para peserta Grand Final Bintang Sains 2020 Kabupaten Serang, Kamis (27/2).

ANYAR – Grand Final Bintang Sains Kabupaten Serang 2020 berlangsung sukses. Penutupan lomba berlangsung di Grand Ballroom Marbella Hotel, Anyar, Kabupaten Serang, Kamis (27/2).

Para juara satu, dua, dan tiga, yang berangkat study tour ke Singapura dan Malaysia siap diberangkatkan. Namun, ada yang berbeda pada lomba tahun ini, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberangkatkan juga dua finalis juara harapan. Bupati mengumumkan langsung keputusan tersebut saat penyerahan piala dan piagam.

“Ini sebagai reward dari Ibu (Tatu menyebut dirinya-red) atas perjuangan mereka bisa lolos sampai ke final,” kata Tatu kepada Radar Banten usai acara.

Sebanyak 290 finalis dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang bersaing memperebutkan piala bergilir Bupati Serang. Juara Bintang Sains Kabupaten Serang 2020 diraih oleh Rizky Muhammad Refan, SDIT Birrul Waalidain, Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa.

Grand Final Bintang Sains Kabupaten Serang dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Dandim 0623 Cilegon Letkol Armed Rico Ricardo Sirait, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, Asda II Kabupaten Serang Adjat Gunawan, dan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Serang Yahya Soleh.

Turut hadir pula Direktur Primagama Serang Slamet Budiono, unsur Pimpinan Kecamatan Anyar, pengawas dan kepala sekolah serta guru pendamping siswa. Lomba dipandu host Tubagus Randi Purwa dan Ratu Qonita Malina Amalia.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku bangga serta mengapresiasi para guru dan kepala sekolah yang sudah berlelah-lelah untuk mempersiapkan siswanya mengikuti Bintang Sains. “Kalau mau mencerdaskan dan membentuk karakter yang kuat pada siswa, memang harus mau capek,” kata Tatu saat menyampaikan sambutan.

Tatu berjanji, akan melakukan pembinaan kepada juara Bintang Sains secara berkelanjutan. Keenam siswa yang meraih penghargaan akan menjadi calon siswa peraih beasiswa dari Pemkab Serang. “Kita akan bina karena mereka merupakan calon pemimpin Kabupaten Serang di masa depan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya lomba biasa, tetapi menjadi tolok ukur bagi sekolah dalam menimbang keberhasilan proses belajar siswa. “Tahun depan saya tidak mau lagi mendengar ada sekolah yang tidak ikut Bintang Sains,” tegasnya.

Tatu menilai, melalui Bintang Sains, akan tertanam jiwa persaingan yang kuat pada diri siswa. Tatu juga menyampaikan rasa syukur karena Radar Banten dan Banten TV sudah peduli terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Serang. “Kami akan terus mendukung program ini demi kemajuan anak-anak di Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Total keseluruhan peserta pada Bintang Sains tahun kedua ini diikuti 4.325 peserta, Tatu mengimbau agar lomba di tahun berikutnya peserta harus lebih banyak dan seluruh sekolah wajib mendaftarkan siswanya. “Siswa harus diberi kesempatan untuk berkompetisi,” katanya.

Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi mengaku bangga kepada para finalis yang sudah berjuang hingga menjadi juara. “Bagi yang belum juara harus tetap semangat, masih banyak kesempatan dan peluang di masa depan,” katanya.

Dalam sambutannya, Mashudi mengumumkan sejumlah kecamatan yang memberikan partisipasi jumlah siswa terbanyak yang mengikuti Bintang Sains. “Rangking pertama diraih oleh Kecamatan Mancak karena 28 sekolah ikut semua, 100 persen,” katanya.

Untuk terbaik kedua diraih oleh Kecamatan Pabuaran dengan angka partisipasi sekolah 97 persen, terbaik ketiga Kecamatan Jawilan yang mengalami peningkatan dari tahun lalu hanya 65 persen, sekarang 97 persen, dan terakhir Kecamatan Bojonegara 91 persen. “Semoga menjadi motivasi bagi sekolah di kecamatan lain untuk ikut serta Bintang Sains tahun depan,” harapnya.

Untuk study tour ke luar negeri, meski tahun ini sekolah di Singapura dan Malaysia menutup kunjungan karena wabah virus corona, tetapi para juara Bintang Sains tetap akan diberangkatkan ke luar negeri ke destinasi lain yang juga memiliki nilai menambah pengetahuan siswa. “Namun Kedutaan Besar Indonesia di Singapura dan Malaysia sudah siap dikunjungi,” katanya.

Mashudi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemkab Serang dan Primagama Serang yang menyukseskan Bintang Sains. “Ini adalah langkah awal menuju kesuksesan di masa depan,” pungkasnya. (mg06/air/ags)