Bupati Harapkan Tidak Ada Dualisme KNPI di Lebak

0
883 views
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya diwawancarai wartawan di gedung DPRD Lebak.

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya berharap tidak ada dualisme dalam kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Kabupaten Lebak. Untuk itu, Iti meminta KNPI bersatu sehingga pemuda yang tergabung dalam organisasi tersebut dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan.

“Persoalannya memang ada di tingkat pusat. DPP-nya saja ada tiga dan di Lebak ada dua. Tapi, ada komitmen dari para pemuda di daerah untuk menyatukan KNPI,” kata Iti Octavia Jayabaya menanggapi persoalan DPD KNPI Banten yang membentuk caretaker kepengurusan¬†KNPI Lebak, Selasa (7/7).

Menurut orang nomor satu di Lebak ini, KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan mestinya memiliki peran strategis di tengah pandemi corona. Mereka harus menjadi motor dalam upaya mencegah penyebaran virus asal Wuhan, China ini. Karena itu, Iti meminta pemuda Lebak tidak terpecah belah lagi.

“Kalau masih ada dualisme, pemerintah daerah tidak bisa menyalurkan bantuan hibah untuk KNPI Lebak. Padahal dana hibah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan pengembangan potensi pemuda di 28 kecamatan,” ungkapnya.

Senada disampaikan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) majelis penyelamat organisasi (MPO) Cabang Lebak Muhamad Yusuf. Kata dia, apa yang disampaikan Bupati Lebak sudah tepat. HMI MPO Lebak juga menolak ada dualisme KNPI di negeri ini. Karena berpotensi merugikan para pemuda dan bangsa ini.

“Kami terus mendorong agar KNPI kembali bersatu. Karena itu, HMI MPO meminta KNPI Banten dan KNPI Lebak duduk bersama. Kalau caretaker KNPI Lebak tetap berjalan, saya yakin dualisme KNPI di Bumi Multatuli akan berlanjut. Akhirnya, sampai kapanpun KNPI tidak akan bersatu sesuai harapan Bupati dan masyarakat Lebak,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, KNPI Banten membentuk caretaker KNPI Lebak. Keputusan tersebut diprotes pengurus KNPI Lebak yang dikomandoi Samsu Rizal. Karena Rizal mengaku sudah membentuk kepanitiaan Musyawarah Daerah (Musda) untuk menyatukan KNPI sesuai arahan Bupati Lebak.(Mastur)