Bupati Irna Inginkan Layanan Kesehatan di Pandeglang Dioptimalkan

0
609 views

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita menginginkan dengan adanya kerja sama antara Pemkab Pandeglang dan BPJS Kesehatan, dapat semakin mengoptimalisasikan layanan kesehatan masyarakat Pandeglang.

“Yang saya inginkan, kami ingin merubah persepsi masyarakat bahwa ketidakyakinan terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS akan kami perbaiki. Kami juga ingin bekerja sama dengan RSUD terhadap berbagai bentuk pelayanan di antaranya transparansi terhadap dokter-dokter yang sudah menjadi tanggung jawab moral profesinya. Karena masih banyak masyarakat yang setelah pulang itu harus membayar, entah biaya obat atau lainnya,” katanya sebelum menandatangani MoU pemberian JKN-KIS kepada Tenaga Kerja Kontrak di lingkungan Pemkab Pandeglang, Senin (30/1).

Irna berharap pihak BPJS Kesehatan memperketat pengawasan terhadap oknum-oknum nakal yang sering memperdaya masyarakat saat berobat. “Masyarakat harus tahu terlebih dahulu apa obatnya dan pengumuman-pengumuman dari BPJS harus ditingkatkan agar masyarakat tidak lagi terjebak oleh oknum tersebut, serta masyarakat puas akan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Serang, Chandra Nurcahyo mengatakan, saat ini di Kabupaten Pandeglang masih banyak masyarakat yang berobat menggunakan FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan) ke rumah sakit yang terdekat seperti Serang Kota, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

“Karena di Pandeglang, FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) nya masih kurang. Rumah sakit di Pandeglang hanya satu. Sedangkan jumlah penduduk di Pandeglang ada sekitar 900.000 penduduk. Maka dari itu kami sarankan Pemkab dapat menambah rumah sakit agar pendapatan kesehatan Pemkab tidak berkurang,” katanya.

Untuk diketahui, per September 2016, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Pandeglang mencapai 793.292 jiwa. (Wirda)