Bupati Irna Lepas 385 Calhaj, Tujuh Orang Gagal Berangkat

Bupati Irna Narulita didampingi Ketua DPRD Pandeglang Gunawan menyerahkan bendera merah putih kepada panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) di aula Pendopo Pemkab Pandeglang, Sabtu (11/8) dini hari. FOTO: HERMAN/RADAR BANTEN

PANDEGLANG – Sebanyak 385 jamaah calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 32 asal Pandeglang dilepas Bupati Irna Narulita bersama Ketua DPRD Pandeglang Gunawan di aula Pendopo Pemkab Pandeglang, Sabtu (12/8) pukul 04.00 dini hari.

Hadir dalam penglepasan itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Pandeglang M Amin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tubagus Saprudin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Yusuf Baihaki, dan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkab Pandeglang Mustandri.

Irna berpesan agar para calhaj menjaga kesehatan sehingga dalam melaksanakan rukun ibadah haji berjalan lancar. “Tentunya untuk menjadi haji yang mabrur harus dengan niat kita yang kuat,” katanya.

Menurut Irna, 385 jamaah calhaj yang berangkat harus bersyukur lantaran telah menjadi orang pilihan. Ia mengatakan, masih banyak yang ingin menunaikan ibadah haji, tetapi belum terlaksana. “Walaupun ada keinginan dan niat yang kuat, jika belum ditakdirkan akan banyak halangan. Seperti sakit, meninggal atau pun belum cukup rezekinya. Makanya kita syukuri kepada Allah,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Pandeglang M Amin memastikan, dari kloter 32 asal Pandeglang sebanyak delapan orang yang tidak bisa berangkat, lantaran belum ditakdirkan untuk berangkat. Halangannya, kata dia, tujuh orang sakit, dan satu orang meninggal dunia. “Kalau tidak ada halangan, kloter 32 ini jamaah calhaj sebanyak 393. Namun, karena tujuh orang sakit dan satu orang meninggal, jadi yang bisa berangkat hanya 385 calhaj,” terangnya.

Diketahui, ratusan jamaah itu diberangkatkan menggunakan 11 bus Asli Prima, dimulai dari Pendopo Pemkab Pandeglang secara beriringan. Para calhaj juga diantarkan Bupati Irna Narulita bersama sejumlah pejabat Pemkab sampai ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Setelah para jamaah beristirahat beberapa jam, sekira pukul 17.30 WIB diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah dari Bandara Soekarno Hatta. (Herman/RBG)