Bupati Irna Optimistis Bisa Majukan Pandeglang

Bupati Irna Narulita (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Sekda Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin atas kenaikan golongan yang diterimanya usai upacara peringatan HUT ke 144 Kabupaten Pandeglang di Alun-alun Berkah Pandeglang, Minggu (1/4).

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita optimistis pada masa kepemimpinannya bisa memajukan Kabupaten Pandeglang, minimal sejajar dengan kabupaten kota lain di Provinsi Banten.

Cara yang akan dilakukan, kata Irna, di antaranya dengan meningkatkan status pembangunan jalan, meningkatkan pelayanan kesehatan di semua puskesmas, meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, mempermudah proses perizinan dengan izin online, dan meningkatkan sarana prasarana pendidikan. Demikian disampaikan Irna dalam sambutannya pada acara puncak peringatan HUT ke-144 Kabupaten Pandeglang, yang digelar di Alun-alun Berkah Pandeglang, Minggu (1/4).

Selain masalah fisik, kata Irna, Pemkab juga sedang melakukan upaya meningkatkan kedewasaan berpikir masyarakat dan pegawai. Hal itu agar birokrasi di Pandeglang bisa berjalan optimal. “Kemajuan harus tercermin dari sikap dan mental masyarakat karena masyarakat menjadi pelaku pembangunan yang memiliki kedewasaan berpikir. Peringatan hari jadi saat ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala kemajuan pembangunan yang telah dicapai,” kata Irna diiringi tepuk tangan para tamu undangan.

Irna berjanji, di sisa masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Tanto Warsono, akan terus memperbaiki semua kekurangan khususnya dalam hal pembangunan dan tata kelola pemerintahan. “Memasuki tahun ketiga, dapat disadari bahwa banyak kekurangan khususnya dalam tata kelola pemerintah daerah karena masih ada ketidakpuasan masyarakat. Tapi, saya yakin semua itu akan teratasi karena hal itu memang membutuhkan waktu yang tidak singkat dan butuh partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal semua kegiatan pembangunan,” katanya.

Irna mengklaim, Kabupaten Pandeglang terus mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas kemajuan yang dicapai pada masa kepemimpinannya berama Wakil Bupati Tanto Warsono Arban. “Berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil, Pandeglang sukses menorehkan beberapa prestasi melalui implementasi electronic government, meningkatkan pelayanan publik, dan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat. Tata kelola Pemkab Pandeglang mendapatkan penghargaan SAKIP dengan predikat B, atau mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapatkan C, Pemkab juga meraih opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI tahun 2016, penegakan HAM (hak asasi manusia) di Pandeglang mendapatkan penghargaan kabupaten peduli HAM dari Kemenkumham, pengembangan elektronik Pandeglang membuat smart city agar keluhan masyarakat dapat disampaikan secara langsung,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tanto Warsono Arban mengaku Pemkab Pandeglang telah mendapatkan banyak prestasi. “Prestasi yang kita dapat sudah banyak meskipun memang belum maksimal. Misalnya, IPM (indeks pembangunan manusia) kita tahun ini naik, laporan keuangan BPK kita baik, kita juga mendapatkan penghargaan LAKIP dari Kementerian PAN-RB. Walaupun memang tidak maksimal, jalan kita sudah on the track menuju pemerintahan yang bersih,” katanya.

Tanto berjanji, Pemkab akan terus melakukan perbaikan di semua bidang mulai dari peningkatan sumber daya manusia (SDM), perbaikan sistem pemerintahan, dan yang lainnya. “Karena perbaikan itu sangat keterkaitan. Insya Allah, ke depan akan kita perbaiki semua kekurangan yang ada. Prinsip dasar kita untuk ke depan adalah meningkatkan PAD karena fiskal sangat penting, kita hanya mengandalkan dana perimbangan atau dari Pemprov Banten, akan sulit. Jadi, setiap potensi pajak maupun retribusi bagi daerah, kita tingkatkan fungsi kontrolnya,” katanya. (Adib F/RBG)