Bupati Iti Bantu Penyandang Cacat

0
821 views
BERPELUKAN: Bupati Iti Octavia Jayabaya memeluk erat seorang nenek saat acara pemberian bantuan Lebak Sejahtera kepada warga kurang mampu dan cacat fisik, Selasa (25/7). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Iti di acara halabihalal Bupati Lebak dengan PGRI Kecamatan Banjarsari. FOTO: NURABIDIN ENCE/RADAR BANTEN

RANGKASBITUNG – Bupati Iti Octavia Jayabaya menyerahkan bantuan program Lebak Sejahtera kepada warga tidak mampu yang mengalami cacat fisik, Selasa (25/7).

Bantuan tersebut diserahkan pada acara halalbihalal Bupati Lebak dengan pengurus dan anggota PGRI di enam wilayah di Kecamatan Banjarsari bertempat di SMPN 1 Banjarsari.

Tahun ini, ada sebanyak 3.560 warga kurang mampu cacat fisik yang bakal mendapatkan bantuan uang tunai untuk menebus banturan beras sejahtera (rastra) sebesar Rp 23 ribu atau setara dengan sepuluh kilogram rastra per bulan.

“Saya berharap bantuan untuk menebus beras rastra ini dapat sedikit meringankan saudara-saudara kita yang belum beruntung ini. Karena anggaran terbatas, jadi tahun ini sementara baru sepuluh kilogram rastra per bulan,” ujar mantan anggota DPR RI ini, kemarin.

Menurutnya, berdasarkan inventarisasi yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, saat ini terdapat 3.560 warga yang kurang mampu mengalami cacat fisik. Namun, di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki, Pemkab Lebak masih memperhatikan dan memedulikan nasib ribuan warga Lebak yang belum beruntung tersebut. “Mudah-mudahan bantuan sosial dari tahun ke tahun semakin meningkat. Yang perlu diketahui oleh saudara-saudara kita yang mengalami cacat fisik bahwa pemerintah daerah juga turut memperhatikan nasib mereka,” kata politikus Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kabupaten Lebak Eka Darmana Putra mengatakan, bantuan itu untuk meringankan beban dan memberikan manfaat para fakir miskin yang mengalami cacat fisik. Selain itu, Dinsos juga telah mendistribusikan program jaminan hidup (jadup) berupa bantuan sembako kepada 150 penerima dari kalangan lanjut usia di Kabupaten Lebak. “Kami terus mendata lagi warga kurang mampu yang mengalami cacat fisik dan lansia yang berhak mendapat bantuan dan belum masuk dalam data kami,” ujar mantan camat Cibeber ini.

Dijelaskannya, bantuan sosial Lebak Sejahtera bagi warga tidak mampu yang mengalami cacat fisik tahun ini melalui APBD Lebak sebesar Rp 982 juta untuk 3.560 orang. “Bantuan berupa uang tunai untuk membeli/menebus beras rastra sebesar Rp 23 ribu atau setara dengan sepuluh kilogram beras per bulan,” tukasnya.

Sunainah, warga kurang mampu yang mengalami cacat fisik, mengaku gembira dengan adanya bantuan berupa pemberian rastra. Dengan adanya pemberian rastra tersebut, cukup membantu keluarga mereka yang mengalami kesulitan ekonomi. “Alhamdulillah, bantuan untuk membeli sepuluh kilogram rastra per bulan ini sangat membantu kami, apalagi sampai satu tahun. Kami berharap ke depan bantuannya semakin ditambah,” harapnya. (Nurabidin Ence/RBG)