Bupati Iti Dukung Perpustakaan Kuli Maca di Warung Banten

0
834 views

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya bersama Wakil Bupati Ade Sumardi dan Ketua Dekranasda Muhammad Farid Dermawan mengunjungi Perpustakaan Kuli Maca di Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber, Kamis (20/7).

Iti mengatakan, Perpustakaan Kuli Maca ini bermanfaat untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh modernisasi dengan menumbuhkan minat baca di masyarakat agar dapat menambah wawasan dan juga sebagai wahana untuk menggali potensi agar masyarakat menjadi lebih cerdas, kretif dan inovatif.

Perpustakaan inipun sudah banyak mendapatkan beberapa penghargaan seperti Juara I Perpustakaan Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Banten, penghargaan dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Banten, serta penghargaan dari Bupati Lebak atas dedikasinya sebagai pegiat Kampung Literasi di Kecamatan Cibeber.

“Keterbatasan bukan menjadi kelemahan, jika kita sudah mempunyai kemauan untuk memajukan daerah kita sendiri. Selain itu, ini kegiatan positif yang harus kita dukung sepenuhnya, bermanfaat dalam membantu mencerdaskan anak bangsa,” ujar Iti saat melaksanakan kunjungannya kepada relawan Kuli Maca yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa.

Pendiri Kuli Maca Ruhandi mengatakan, setiap harinya perpustakaan ini dikunjungi 20-30 pelajar dari berbagai desa. “Tidak jauh dari perpustakaan, kita juga mempunyai Taman Baca Masyarakat (TBM) yang digelar setiap hari Minggu pagi sampai sore, hampir dihadiri 100 pelajar dari berbagai sekolah di Warung Banten,” kata Ruhandi.

Selain itu Ruhandi melanjutkan, buku-buku yang ada di perpustakaan saat ini jumlahnya hampir dua ribu. Buku itu diperoleh dari simpatisan masyarakat yang ingin menyumbangkan. “Hampir dari semua golongan masyarakat dari Warung Banten maupun luar daerah banyak ikut menyumbangkan buku ke perpustakaan ini,” terangnya.

Ruhandi menceritakan, TBM Kuli Maca yang didirikan tanggal 3 Juli 2016, sampai saat ini berdiri dari hasil swadaya masyarakat dan donasi dari pihak relawan. Perpustakaan dan TBM ini sangat terbuka, bagi siapa saja yang mau mendonasikan buku, agar bisa dimanfaatkan. (Omat/twokhe@gmail.com)