Bupati Iti Minta Atlet Harumkan Nama Lebak

Bupati Iti Octavia Jayabaya (kiri) menyerahkan pataka kepada Ketua Kontingen Lebak Budi Santoso di Pendopo Setda Lebak, Minggu (4/11).

RANGKASBITUNG – Bupati Iti Octavia Jayabaya optimistis kontingen Kabupaten Lebak berhasil meraih target 31 medali emas pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten V di Kabupaten Tangerang, sekaligus memperbaiki hasil porprov sebelumnya. Hal itu ditegaskan Iti saat memberikan motivasi sekaligus melepas kontingen Porprov Lebak di Pendopo Setda Lebak, Minggu (4/11).

Porprov Banten V akan berlangsung 4-11 November. Kabupaten Lebak menerjunkan 440 atlet yang akan bertanding pada 33 cabang olahraga dari 41 cabang olaharga yang dipertandingkan. Untuk meraih target di Porprov Banten tersebut, sebut Iti, perlu kerja keras dan keuletan pantang menyerah oleh atlet. Karena itu, Ketua DPD Demokrat Banten itu meminta agar seluruh atlet yang bertanding untuk memberikan yang terbaik untuk meraih prestasi olahraga. Sehingga, dapat mengharumkan Kabupaten Lebak di bidang olahraga.

“Tentunya, teruslah berjuang. Karena, tanpa perjuangan yang keras tidak akan meraih kemenangan. Saya optimistis kita bisa meraih target medali sekaligus memperbaiki hasil porprov tahun sebelumnya. Namun demikian, kemenangan harus diraih dengan sikap kesatria, yaitu menjunjung tinggi sportivitas,” ujar mantan anggota DPR RI ini, kemarin.

Dia menyatakan, Porpov Banten merupakan kompetisi yang bersifat multievent, mata rantai dalam proses pembinaan atlet dan juga sebagai gambaran dari hasil pembinaan yang dilakukan baik oleh klub sekolah maupun klub olah raga. “Porprov merupakan wahana dalam mempersiapkan para atlet yang berprestasi. Kemenangan jangan diraih dengan menghalalkan berbagai cara yang dapat mencederai dari arti kompetisi itu sendiri,” tandas istri dari Farid Dermawan, Ketua Deskranasda Lebak itu.

Dia menambahkan, pemerintah daerah secara konstitusional memiliki kewajiban untuk membina, melatih, dan mengembangkan potensi olahraga yang diwujudkan dalam berbagai program dan kegiatan.

“Salah satunya melalui pembinaan dan pemasyarakatan olahraga melalui kompetisi porprov,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Porprov Lebak Budi Santoso menyatakan, jumlah atlet yang akan bertanding pada Porprov 2018 di Tangerang sebanyak 440 orang, sedangkan ofisial sebanyak 92 orang. Total kontingen asal Lebak yang akan berjuang mengharumkan nama Lebak di tingkat Provinsi Banten mencapai 532 orang.

“Ya, targetnya, Lebak berhasil meraih 31 medali emas, sembilan medali perak, dan 15 medali perunggu. Alhamdulilah, belum dibuka saja Lebak sudah meraih tiga medali emas, dua perak dan 11 perunggu. Karena sudah ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan,” kata Asisten Daerah (Asda) dua Setda Lebak itu.

Dia mengatakan, dari 41 cabang olahraga yang dipertandingkan, kontingen Lebak hanya bisa mengikuti partandingan 33 cabang olahraga dikarenakan sebanyak delapan cabang olahraga mesih terkendala belum adanya sarana dan prasana serta atlet yang belum bisa maksimal.

“Ada delapan cabang olahraga yang belum bisa dipertandingkan, yaitu aero modelling, anggar, drumband, golf, muathay, layar, squas, dan tenis lapang,” katanya. (Ence/RBG)