Bupati Iti Minta Satpol PP Tegas Jalankan Aturan

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya meminta kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tidak loyo saat menjalankan tugas menegakkan peraturan daerah (Perda) di Kabupaten Lebak. Oleh karena, kata Iti, Satpol PP memiliki tanggung jawab dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum).

“Anggota Satpol PP yang telah mengikuti Pendidikan Dasar dan Pendidikan Lanjutan di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi di Ciuyah enggak boleh loyo dan tidak semangat dalam bekerja,” kata Iti saat penutupan Diklatsar anggota Satpol PP Kabupaten Lebak di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi Desa Ciuyah, Kecamatan Sajira, Senin (30/12).

Puluhan anggota Satpol PP Lebak mendapatkan pendidikan dan pelatihan di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi, Desa Ciuyah selama dua minggu. Mereka dilatih disiplin dan pengetahuan dasar tentang baris berbaris oleh anggota TNI. Setelah selesai mengikuti pelatihan, Bupati perempuan pertama di Lebak ini meminta kepada anggota Satpol PP untuk dapat mendukung program pemerintah daerah. Khususnya dalam mewujudkan visi menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

“Satpol PP merupakan tombak penegakkan Perda. Mereka harus memiliki semangat dan disiplin yang tinggi. Terpenting mematuhi aturan dalam setiap melakukan penindakan terhadap pelanggar Perda,” ungkapnya.

Iti apresiasi kepada Kolonel Inf Dr. Indarto Kusnohadi Komandan Dodiklatpur Rindam III Siliwangi yang telah bersedia bersinergi dengan Pemkab Lebak. Dia meyakini, diklatsar dan diklat lanjutan Satpol PP ini dapat meningkatkan kualitas anggota Satpol PP Lebak. Harapannya, kinerja penegak Perda bisa lebih baik dan berkualitas, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan Satpol PP di Bumi Multatuli.

“Saya ingin Satpol PP dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Apa yang diperoleh dari pendidikan dan pelatihan selama dua pekan harus diimplementasikan saat kerja di lapangan,” harapnya.

Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak Dartim menambahkan, tahun ini Satpol PP merekrut 34 orang anggota baru. Mereka akan ditugaskan menegakkan Perda di Lebak dan meningkatkan kinerja Satpol PP pada 2020 yang akan datang.

Dartim optimistis kerja penegakkan Perda dapat lebih mudah, karena ada tambahan anggota baru yang telah dididik dan dilatih TNI selama hampir dua minggu. “Saya harap dengan diadakannya diklat ini anggota Satpol PP bisa lebih disiplin dan lebih bersemangat dalam menjalankan tugas karena sudah dibekali ilmu pengetahuan yang yang memadai dari anggota TNI,” katanya. (tur/zis)