Bupati Iti Optimistis Lebak Raih Adipura 2016

Adipura
Ilustrasi/ Inet

RANGKASBITUNG – Bupati Iti Octavia Jayabaya meminta masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan. Terutama, di tiga titik pantau penilaian Adipura yang masih perlu ditingkatkan kebersihan lingkungannya. Yakni, TPA Deungeng di Kecamatan Sajira, Terminal Mandala, dan Pasar Rangkasbitung.

Diinformasikan, titik pantau penilaian Adipura 2016 kategori kota kecil lainnya, antara lain, Stasiun Rangkasbitung, sekolah-sekolah, tempat pembuangan akhir (TPA), perkantoran, perumahan, dan lingkungan SKPD. “Saya minta, semua satker maupun SKPD terus meningkatkan kebersihan lingkungannya. Maret ini, akan ada pemantuan penilaian Adipura 2016,” tegas Iti, kemarin (2/3/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Iti mengatakan, instruksinya bukan semata untuk mengejar Piala Adipura. Fokus utamanya adalah menciptakan lingkungan yang bersih, asri, indah, nyaman, dan tertib.

“Insya Allah, bila itu tercapai, ganjarannya ya Piala Adipura bisa kita bawa ke Lebak. Terakhir kita memperolehnya tahun 1980 an,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut Iti, program Jumat Bersih dan Jumat Terpadu harus dioptimalkan dengan melakukan kebersihan di sejumlah tempat. Antara lain, pasar, terminal, sekolah, stasiun, TPA, perkantoran, perumahan, drainase, dan lingkungan SKPD.

“Sebenarnya, yang terpenting bukan Adipuranya, tapi kebersihan lingkungan terjaga. Bila itu semua telah terlaksana dengan baik, piala itu tinggal menunggu waktu saja untuk diraih,” tandas politikus Partai Demokrat itu.

Senada dikatakan Asda II Setda Lebak Budi Santoso. Dia mengakui, Pemkab menargetkan Piala Adipura tahun ini dengan terus menyisir kebersihan di titik pantau penilaian.

“Memang ada tiga titik pantau yang masih perlu ditingkatkan kebersihannya. Saya minta, satker masing-masing memperhatikan itu,” tegas Budi. (RB/nce/don/ags)