Bupati Launching Penyaluran BST APBD Lebak

Bupati Iti Octavia Jayabaya menyaksikan penyaluran BST dari APBD Lebak di kantor Pos Rangkasbitung.

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya melaunching penyaluran bantuan sosial tunai (BST) yang bersumber dari APBD Kabupaten Lebak. Total anggaran yang disalurkan untuk 32.370 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19 Rp19 miliar.

“Hari ini, kita mulai distribusikan bantuan sosial tunai untuk masyarakat terdampak corona. Bantuan gelombang pertama ini mencapai Rp19 miliar,” kata Iti Octavia Jayabaya di Kantor Pos Rangkasbitung, Sabtu (6/6).

Bupati perempuan pertama di Lebak ini menjelaskan, penyaluran BST tahap pertama diakui mengalami keterlambatan, sehingga baru disalurkan setelah Lebaran. Kondisi tersebut terkait dengan teknis penganggaran BST hasil refocusing. Tidak hanya itu, APBD Lebak juga tergantung dana alokasi umum dari pusat dan dana bagi hasil dari Provinsi Banten.

“Harapannya, distribusi BST tahap pertama berjalan lancar. Masyarakat terdampak virus corona bisa menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak Eka Darmana Putra mengungkap, penyaluran BST dari APBD Lebak akan dilaksanakan bertahap di 28 kecamatan melalui Kantor Pos. Untuk itu, teknis dan jadwal penyaluran telah dibuat untuk masing-masing kecamatan. Dinsos sendiri akan mengawal proses penyaluran bantuan agar berjalan lancar, tertib, dan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Penyaluran bantuan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Nanti teknisnya diatur agar tidak melanggar aturan,” tukasnya. (Mastur)