Bupati Lebak Ingatkan Jamaah Haji soal Kesehatan

Jemaah haji asal Lebak menggunakan kursi roda ketika pemberangkatan di pendopo Pemkab Lebak, Kamis (1/8) dini hari. Foto Mastur/Radar Banten

RANGKASBITUNG – Bupati Iti Octavia Jayabaya meminta kepada 316 jamaah calon haji asal Lebak yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 59 untuk menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji.

Mereka diharapkan diberi kelancaran sehingga pulang ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji mabrur. Demikian hal tersebut disampaikan Iti, dalam acara pelepasan jamaah haji asal Lebak, Kamis (1/8) dini hari.

Hadir Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lebak Akhmad Tohawi, Asda Bidang Kesra Dedi Lukman Indefur dan para pejabat Pemkab lainnya.

Kata Iti, jamaah haji yang berangkat ke tanah suci harus memanfaatkan kesempatan dengan baik. Selama di Arab Saudi, harus menjalankan ibadah haji sesuai tuntutan agama.

Untuk itu, patuhi arahan dari petugas dan pendamping haji. Jika mengalami kendala kesehatan segera koordinasi dengan petugas haji dan jamaah lain di rombongannya tersebut.

“Saya minta jaga kesehatan, karena cuaca di Lebak dengan Arab Saudi berbeda,” kata Iti.

Dikatakannya, calon jamaah haji asal Lebak masih banyak yang antre. Mereka ada yang berangkat 15 atau 17 tahun lagi. Untuk itu dia mengimbau kepada para jamaah haji untuk bersyukur karena bisa berangkat tahun ini.

“Saya harap, ke depan jumlah jamaah haji asal Lebak yang diberangkatkan ke tanah suci ditambah. Jika tahun ini sebanyak 707 orang, maka tahun depan harus lebih,” katanya.

Kepala Kemenag Lebak Akhmad Tohawi membenarkan, jumlah jamaah haji kloter 59 berjumlah 316 orang. Mereka diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno – Hatta pada Jumat (2/8) dini hari. “Semoga semua jamaah haji asal Lebak dapat menjalankan ibadah haji dengan baik, lancar, dan menjadi haji mabrur,” katanya. (tur/zis)