Bupati Lebak : Ini Bencana Alam Terbesar

0
548 views
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten Teguh Purwanto menyerahkan bantuan kepada Bupati Lebak Iti Ictavia.

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan,  banjir dan longsor saat merupakan bencana alam yang terbesar yang pernah terjadi di Kabupaten Lebak.

Hal itu disampaikan Iti saat menerima penyerahan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Selasa (14/2). “Terima kasih atas bantuannya. Semoga meringankan beban masyarakat korban banjir,” kata Iti.

Iti mengakui bencana alam berdampak terhadap psikologis warga. Untuk itu, pihaknya akan melalukan penanganan pasca banjir.

Sementara dari data yang dihimpun di kantor BPBD Lebak, hujan deras berkepajangan menyebabkan bajir di sebagian besar wilayah Lebak sejak pekan lalu. Dari 28 kecamatan, banjir terjadi di 20 kecamatan dan 97 desa. Ada 2.315 rumah dan 961 hektare lahan pertanian yang terdampak. Sementara korban jiwa satu orang meninggal.

Di Kecamatan Banjarsari, misalnya, banjir terjadi di 14 desa, korban 690 rumah,  170 hektare pertanian. Di Gunung Kencana, 3 desa, 137 rumah, 317 hektare pertanian, Cijaku 8 desa, 335 rumah, 38 hektare pertanian, dan Malingping 6 desa, 53 rumah, dan 254 hektare pertanian.

Sebagai bentuk kepedulain sosial terhadap koban banjir, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Di Lebak, bantuan diserahkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten Teguh Purwanto yang didampingi Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten Didin Haryono di kantor BPBD Lebak.

Bantuan senilai Rp45 juta itu berupa mi instan, beras, sarden, minyak goreng, kopi, susu, selimut, dan sarung.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten Teguh Purwanto mengungkapkan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap warga yang terkena bencana alam.

“Bantuan kami siapkan secara singkat. Jenis bantuan yang kami berikan sesuai saran dari BPBD dan yang dibutuhkan masyarakat. Mudah-mudahan dapat meringankan beban korban bencana alam,” ungkap Teguh.

Bupati Pandeglang Irna Narulita berbincang bincang dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten Teguh Purwanto saat penyerahan bantuan.

Bantuan serupa juga diberikan kepada korban bencana alam di Pandeglang. Bantuan diterima Bupati Pandeglang Irna Narulita, yang diampingi Pj Sekda Ferry Hasanudin, di kantor BPBD Pandeglang.

Irna mengucapkan terima kasih atas partisipasi BPJS Ketenagakerjaan. “Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan menjadi berkah bagi yang memberi dan menerima,” kata Irna. (Aas)