LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi Ketua Dekranasda Muhammad Farid Dermawan dan aparatur Pemerintah mengukuhkan 54 personel Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia. Pengukuhan ini berlangsung di Pendopo Kabupaten Lebak, Selasa (15/8).

Ke-54 Paskibraka tersebut merupakan putra-putri terbaik Lebak, karena hasil seleksi dari 1946 pelajar dari 28 Kecamatan yang berada di Kabupaten Lebak.

“Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu dikukuhkan satu hari sebelum hari H, namun tahun sekarang waktu pengukuhan dua hari sebelum hari H,” ucap Bupati usai pengukuhan Paskibraka di Pendopo, Selasa (15/8).

Menurut Iti, waktu pengukuhan dimajukan satu hari, supaya Paskibraka memiliki waktu untuk beristirahat. Sehingga Paskibra bisa mengemban tugasnya dengan baik dan selalu berdo’a untuk kesuksesan bersama.

“Sengaja dimajukan satu hari supaya Paskibraka bisa beristirahat dengan cukup, sehingga pas hari H nya mereka bisa bertugas dengan baik dan tidak ada yang sakit,” tutur Bupati perempuan pertama di Lebak ini.

Selain itu, pengibar bendera bukan hanya sebagai pengibar di waktu tertentu, ini merupakan sebagai keteladanan yang berprestasi dan memiliki integritas tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

“Paskibraka merupakan wujud prestasi, karena seleksi mereka cukup panjang yaitu dari bulan Februari lalu. Jadi perjuangan mereka tidak main-main dan ini patut diapresiasi,” katanya. (Omat/twokhe@gmail.com).