Bupati Lebak Minta 150 Kios untuk Pedagang Sawarna

Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya
Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya

SAWARNA – Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jaya Baya meminta kepada Gubernur Banten agar mendukung infrastruktur yang bisa menunjang pariwisata di kawasan wisata Sawarna. Setelah merasa cukup dengan akses jalan yang telah dibangun saat ini, Iti meminta agar Pemprov memberikan bantuan pembangunan kios untuk masyarakat sekitar.

Tidak-tidak tanggung-tanggung, iti meminta kios yang dia sebut untuk pemberdayaan ekonomi masyarkat tersebut sebanyak 150 kios. Kios tersebut menurutnya agar masyarakat tidak membuat kios asal sehingga bisa menganggu kondisi pariwisata di daerah tersebut.

“Saya tidak ingin pantai di Sawarna hanya dimiliki oleh satu orang atau satu kelompok saja seperti di daerah wisata lainnya. Untuk itu, nanti ruko-ruko saya inginkan di lokasi tertentu yang tidak menganggu wisata. Jadi nanti orang enak untuk berjemur atau berlibur menikmati pantainya,” kata Iti saat ditemui setelah mendampingi Gubernur Banten Rano Karno meninjau lokasi wisata di daerah tersebut, Minggu (13/3/2016).

Iti melanjutkan, potensi wisata di Sawarna sudah diakui oleh masyarakat luas, itu terbukti dengan objek wisata didaerah tersebut menjadi salah satu surga dunia yang tersembunyi. Tapi menurut Iti, potensi tersebut agar-agar benar-benar bisa dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat perlu pengembangan infrastruktur, dalam hal ini, salah satunya adalah pembangunan ruko tersebut.

“Alhamdulillah Jalan menuju sini sudah bagus, Pemkab pun akan berusaha memperbaiki jalan yang berada di dalam daerah wisata, kita berencana melebarkannya, saya berharap Pemprov bisa membantu itu (pembangunan ruko),” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, Pemprov Banten terus berupaya untuk memajukan wilayah Selatan, selain dibidang perekonomian juga sektor wisata. “Alhamdulillah, bisa kita lihat, jalan sudah bagus, dan pemerintah pusat pun sudah memberikan bantuan untuk pengembangan Banten Selatan cukup besar, kita bisa gunakan itu,” ujarnya. (Bayu)