Bupati Lebak Optimistis Target 1 Juta Wisatawan Tercapai

LEBAK- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya optimistis target kunjungan wisatawan 2019 sebanyak satu juta orang tercapai. Salah satu upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara, yakni dengan mempromosikan destinasi unggulan nasional yang berbasis potensi lokal.

“Saya instruksikan kepada semua aparatur sipil negara (ASN) agar kita mengidentitaskan diri dengan menggunakan syal dan ikat kepala sehari dalam seminggu. Lebak ini kaya akan budaya. Ada Baduy dan Kasepuhan Banten Kidul. Dengan kita mengidentitaskan diri kita, harapannya dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Lebak,” kata Iti Octavia Jayabaya.

Ikhtiar pemerintah daerah untuk promosi pariwisata Lebak, antara lain dengan memasang foto destinasi wisata unggulan Lebak di Bandara Soekarno – Hatta.

Iti yakin kunjungan wisata akan meningkat pada musim liburan sekolah di bulan Juni – Juli 2019.

Untuk saat ini, kunjungan wisatawan diakui masih rendah karena ada beberapa faktor. Antara lain akibat cuaca dan bencana tsunami yang melanda wilayah Banten dan Lampung pada akhir Desember 2018 lalu. Kondisi tersebut berdampak terhadap kunjungan wisatawan bahari di Bumi Multatuli pada akhir 2018 dan awal tahun 2019.

“Keunikan yang dimiliki Lebak akan mendongkrak kunjungan wisatawan. Karena itu mulai dari kita dulu untuk mempromosikan dengan memakai ciri khas budaya kita (ikat kepala dan syal Baduy),” jelasnya.

Beberapa tempat wisata unggulan di Lebak yang dapat dikunjungi masyarakat, diantaranya Museum Multatuli, Pantai Sawarna, Pantai Bagedur, Negeri di Atas Awan Citorek, Kebun Teh Cikuya, Curug Munding, wisata adat Baduy, Kasepuhan Banten Kidul, pemandian air panas alam Cipanas, dan destinasi wisata unggulan lainnya. (Mastur/Aas)