Bupati Lebak Pimpin Evakuasi Warga Cigobang Gunakan Helikopter

Koordinator Penanggulangan Bencana Budi Santoso, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Dandim 0603 Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan, dan Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto di helikopter TNI.

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya terjun langsung memimpin evakuasi warga Cigobang yang terjebak longsor lebih dari tiga hari. Iti bersama Dandim 0603 Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan, Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto, dan Koordinator Penanggulangan Bencana Budi Santoso menemui warga Cigobang sambil menyerahkan bantuan logistik, Minggu (5/1).

Suasana haru tampak terlihat ketika Bupati Lebak turun dari helikopter dan menemui warga yang telah menunggu di posko pengungsian di Cigobang. Satu persatu korban ditemui, teriakan takbir anggota Front Pembela Islam (FPI) yang berhasil sampai di lokasi melalui jalur darat bergema mengiringi kedatangan tim evakuasi. Beberapa warga menangis. Bahkan Iti pun tidak kuat menahan air mata. Dia berpesan kepada warga untuk sabar dan tabah dalam menghadapi musibah longsor yang menerjang Kampung Cigobang.

Diinformasikan, 12 warga Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong, yang dievakuasi, yakni Murhasim (80), Basiman (90), Sarbani (80), Anah (70), Nita (80), Entin (27), Mirna (60), Marjuk (40), Satilah (41), Ardi (47), Samsiyah (17),  dan Sarmawah (50). Kondisi kesehatan warga tersebut cukup memprihatinkan, karena sudah udzur.

Koordinator penanggulangan bencana Budi Santoso menyatakan, ada dua helikopter yang dioperasikan untuk mendorong logistik ke Cigobang. Pulang dari lokasi, helikopter mengangkut beberapa warga yang sudah udzur. Ada 12 orang yang dibawa karena membutuhkan perawatan medis.
“Iya, kita distribusikan logistik dan evakuasi korban menggunakan helikopter. Bupati memimpin langsung proses pendistribusian bantuan dan evakuasi korban,” terangnya.(Mastur)