Bupati Pandeglang Harap Bank Banten Perhatikan Petani dan Nelayan

PANDEGLANG – PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. (Bank Banten) selaku Bank milik Pemerintah Provinsi Banten kembali menunjukkan komitmen untuk menjadi penggerak perekonomian masyarakat Banten. Guna meningkatkan layanan perbankan bagi masyarakat di Kabupaten Pandeglang, Bank Banten meresmikan Kantor Cabang (KC) Pandeglang, Jumat (2/3).

Bank Banten KC Pandeglang diresmikan oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, serta disaksikan oleh Komisaris Bank Banten Media Warman, Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa, dan Direktur Bank Banten Bambang Mulyo Atmojo.

Fahmi menjelaskan, bagi Bank Banten, Pandeglang merupakan daerah yang bersejarah bagi Bank Banten. Fahmi menyebut Pandeglang merupakan Kota Sejarah Bank Banten.

“Satu hal menarik dari Kabupaten Pandeglang adalah keberadaan Jalan Bank Banten beserta gedung bersejarah, dimana berdiri suatu lembaga keuangan kebanggaan masyarakat Banten, yaitu Bank Banten, yang diresmikan pada tanggal 9 September 1957. Hadirnya Bank Banten pada saat ini merupakan pengulangan sejarah sebagai bentuk semangat dan aspirasi masyarakat Banten, untuk mewujudkan kemandirian dalam mengelola keuangan daerah, juga mewujudkan kesejahteraan Provinsi Banten,” jelas Fahmi.

“Kantor Cabang Pandeglang ini sebelumnya berstatus sebagai Kantor Cabang Pembantu (KCP), dan dengan beberapa pertimbangan seperti kebutuhan layanan dan bisnis, kami tingkatkan statusnya menjadi kantor cabang penuh, juga kami lakukan relokasi sehingga lebih strategis dan representatif. Hal ini untuk meningkatkan kualitas dari jaringan serta layanan kami,” jelas Fahmi.

Hingga bulan Februari tahun 2018, di wilayah Provinsi Banten, Bank Banten telah melayani pada 7 Kantor Cabang, 7 Kantor Cabang Pembantu, 4 Kantor Kas, 1 Payment Point, 5 Smart Van atau Mobil Kas Keliling, dan 114 ATM.

Pertumbuhan dan kinerja Bank Banten hingga bulan September 2017 menunjukkan grafik yang positif. Pada September 2017, Peningkatan Kredit Yang Diberikan menjadi sebesar Rp 4,54 triliun meningkat sebesar 42,4 persen secara year on year yang dihasilkan dari pengembangan bisnis baru yaitu kredit konsumer dan kredit komersial. Peningkatan Dana Pihak Ketiga menjadi sebesar Rp 5,74 triliun meningkat sebesar 51,7 persen secara year on year yang diikuti dengan perbaikan komposisi CASA. Peningkatan Total Aset menjadi sebesar Rp 7,04 triliun meningkat sebesar 43,4 persen secara year on year yang diperoleh dari peningkatan realisasi penyaluran kredit.

Dengan momentum perbaikan kinerja keuangan ke arah yang positif, maka keberadaan Bank Banten di Pandeglang diharapkan banyak memberikan manfaat yang positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang juga masyarakat Banten.

“Tentunya Bank Banten dapat semakin berkembang dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, yang kami harapkan dapat segera memanfaatkan produk dan layanan perbankan dari Bank Banten. Hal ini juga sebagai bukti kesiapan kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Banten sesuai visi, misi dan amanat yang kami terima,” tutup Fahmi.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam sambutannya menjelaskan, dengan adanya kantor cabang di Pandeglang, mudah-mudahan pelayanan kepada masyarakat pun bisa penuh.

“Saya selaku bupati Pandeglang memberikan penghargaan kepada Bank Banten, insya Allah menjadi bank yang sehat, bank yang membanggakan bagi masyarakat,” kata Irna.

Sektor ril perhatian Bank Banten adalah UMKM karena itu pilar perokonomian. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Pandeglang yang menjadi daerah maritim, pariwisata, agrobisnis, Bank Banten bisa berkembang bersama perekonomian Pandeglang. Karena itu, selain UMKM, Bank Banten pun diharapkan bisa membantu petani, nelayan, serta pengusaha kecil di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Dalam kesempatan itu, Irna pun berharap Bank Banten bisa bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Pandeglang. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)