Bupati Serang Ajak Orangtua Membacakan Buku untuk Anak

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengkampanyekan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) tingkat Kabupaten Serang di Pendopo Bupati, Senin (7/5). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

Gernas Baku diikuti oleh siswa SD dan SMP berikut orangtuanya. Bahkan Bupati Ratu Tatu Chasanah mencontohkan langsung membacakan buku di hadapan para anak-anak. Kegiatan semakin meriah karena ada interaksi antara Tatu dengan anak-anak. Selain itu, digelar pula penampilan anak-anak perwakilan sekolah di panggung utama.

Menurut Tatu, saat ini banyak anak-anak dibiarkan bebas bermain gadget atau smartphone, serta lebih banyak menonton televisi saat di rumah. “Gernas Baku ini dalam rangka mengkampanyekan minat baca anak-anak. Dimulai dari orangtua yang mau dan mengajak anaknya untuk membaca buku,” kata Tatu kepada wartawan.

Tatu juga mengajak para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memberikan contoh dengan menjadi orangtua yang rajin membacakan buku untuk anaknya. “Orangtua membacakan buku untuk anaknya, juga dalam rangka mendekatkan emosi antara keduanya. Kedekatan dengan orangtua itu penting,” ujarnya.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menyatakan, tujuan dari Gernas Baku adalah untuk menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orangtua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tahu pada anak. “Menumbuhkan minat membaca pada anak jauh lebih penting daripada anak dapat cepat membaca,” ujarnya. (*)