Bupati Serang Cek Kehadiran Pejabat Saat Halalbihalal

0
503 views
Suasana halalabihalal di Pendopo Bupati Serang, Selasa (26/5).

SERANG – Pemkab Serang menggelar halalbihalal di Pendopo Bupati Serang, Selasa (26/5). Selain sebagai ajang silaturahmi, halalbihalal juga bertujuan untuk mengecek kehadiran pejabat di lingkungan Pemkab Serang pasca-Idul Fitri.

Halalbihalal di Pendopo dilakukan secara sederhana menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sebelum memasuki pendopo, para pejabat yang datang dilakukan pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan yang sudah disiapkan petugas. Kemudian, mereka masuk Pendopo dengan tetap menjaga jarak. Cara bermaaf-maafan mereka dengan cara hanya mengangkat dan menutup kedua tangan. Setelah itu, mereka langsung keluar pendopo dan kembali ke kantornya masing-masing. Acara halalbihalal dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Entus Mahmud Sahiri mengatakan, halalbihalal dilakukan bersama Bupati hanya melibatkan pejabat eselon II dan eselon III. “Silaturahmi halalbihalal berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini tidak melibatkan semua pegawai,” ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (MenPAN-RB), kata Entus, pejabat tinggi pratama hingga pejabat eselon III wajib hadir setiap jam kerja atau tidak melakukan work from home (WFH). “Setelah halalbihalal, para pejabat ASN langsung kembali ke instansinya masing-masing,” katanya.

Kegiatan halalbihalal juga, kata Entus, untuk memastikan para pejabat eselon II dan III sudah masuk kerja pasca Idul Fitri. Sebab, lanjutnya, kebijakan Pemkab Serang tidak boleh ada ASN yang mudik atau cuti. “Kita juga lakukan protokol kesehatan ketat dan menjaga jarak,” tegasnya. (Rozak)