Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memantau aktivitas lomba siswa SD.

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berpesan agar para guru sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) untuk meningkatkan pendidikan karakter pada siswa. Pendidikan karakter dinilai paling penting dalam menghadapi era teknologi dan globalisasi.

“Tanpa pendidikan karakter, kita tidak akan menghasilkan siswa yang berprestasi dan berakhlak,” kata Tatu di seka-sela pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Pemilihan Siswa Berprestasi SD-SMP di SDN Julang, Kecamatan Cikande, Senin (25/3). Lomba itu diikuti 1.458 siswa.

Pada berbagai lomba yang digelar, menurut Tatu, sudah komprehensif dalam membangun pendidikan karakter. Sebab, memuat bidang ilmu pengetahuan, senin, agama, literasi, dan kearifan lokal. “Apalagi ada lomba membaca Alquran. Dan terbaru sebagai kearifan lokal, ada lomba bahasa Jawa Serang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, melalui perlombaan ini diharapkan dapat menguatkan kemampuan siswa. “Kita berharap untuk Kabupaten Serang anak-anak ada kemampuan dan kematangan untuk disetarakan dengan wilayah yang lainnya,” pungkasnya. (Abdul Rozak)