Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama siswa SD saat kunjungan ke sekolah.

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengimbau para orangtua di Kabupaten Serang untuk mengantar anaknya pada hari pertama sekolah, Senin (18/7). Tatu pun mengizinkan pegawai negeri sipil (Pemkab) Serang melakukan hal tersebut.

Menurut Tatu, mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan membangun komunikasi positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. “Hari pertama sekolah adalah awal perjalanan panjang anak-anak kita di rumah keduanya, yaitu sekolah. Ini sesuai dengan imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Tatu melalui siaran pers, Jumat (15/7).

Menurutnya, mengantar bukan sampai ke gerbang sekolah lantas pergi. “Mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orangtua anak,” ujarnya.

Tatu pun mengizinkan PNS Pemkab Serang untuk mengantar anaknya di hari pertama sekolah. “Namun tetap harus izin atau koordinasi dengan pimpinan di atasnya. Kemudian setelahnya, bisa kembali bekerja,” ujarnya.

Dengan mengantar anak di hari pertama sekolah, orangtua bisa berkenalan dengan wali kelas, guru, dan kepala sekolah. “Kemudian bertukar nomor telepon dengan pihak sekolah. Termasuk antara orangtua siswa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, bisa juga menceritakan karakter anak dan menawarkan bantuan untuk terlibat dalam kegiatan penunjang pembelajaran. “Jangan lupa mengapresiasi guru yang mendidik anak kita,” ujarnya. (Amrin)