Bupati Sosialisasikan Aturan Adaptasi Kebiasaan Baru Secara Daring

Bupati Iti Octavia Jayabaya menyosialisasikan Perbup Adaptasi Kebiasaan Baru di Lebak Data Center di Setda Lebak

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya menyosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi Covid-19 secara daring. Rencananya, sosialisasi akan dilakukan selama 14 hari dan diuji coba selama satu bulan.

“Perbup Tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru kita sosialisasikan kepada organisasi perangkat daerah, pelaku wisata, dan pengusaha. Targetnya, Perbup ini tersosialisasi secara optimal kepada masyarakat,” kata Iti Octavia Jayabaya di pendopo Pemkab Lebak, Rabu (22/7).

Dijelaskannya, Pemkab Lebak akan melibatkan aparat kepolisian dan TNI dalam uji coba Perbup tersebut. Masyarakat yang tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing akan dikenakan sanksi teguran. Tapi setelah uji coba selesai, masyarakat yang melanggar aturan Adaptasi Kebiasaan Baru akan dikenakan sanksi sosial hingga administrasi.

“Di masa pandemi Covid-19, kita ingin kegiatan masyarakat tetap berjalan normal. Tapi dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ungkapnya.

Mantan anggota DPR RI ini optimis masyarakat akan mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah. Apalagi sekarang, wilayah Lebak ditetapkan menjadi zona kuning corona.

“Kita mohon kerja sama dari semuanya untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Lebak,” harapnya. (Mastur)