Bupati Tangerang Resmikan RSUD Pakuhaji

Bupati A Zaki Iskandar menandatangani prasasti RSUD Pakuhaji, Rabu (31/1). Dengan berdirinya rumah sakit ini, Kabupaten Tangerang telah memiliki tiga RSUD.

TANGERANG -Bupati Tangerang A Zaki Iskandar meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pakuhaji, Rabu (31/1). Rumah sakit ini dibangun untuk mempermudah warga sekitar Pantai Utara Tangerang mendapatkan layanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desriana Dinardianti menjelaskan, perencanaan pembangunan rumah sakit ini dimulai sejak tahun 2014. Sementara pembangunan fisik baru dilakukan pada 2015 dan terus berlangsung hingga saat ini guna memenuhi ketersediaan tempat tidur sampai dengan 200 unit.

”Sarana pelayanan kesehatan yang disediakan kita sesuaikan dalam klasifikasi rumah sakit umum kelas C dan ini akan terus dikembangkan sejalan dengan pertumbuhan masyarakat,” terangnya kepada Radar Banten, Rabu (31/1).

Dijelaskannya, RSUD Pakuhaji memberikan kemudahan bagi satu juta warga di wilayah Pantura untuk mengakses layanan kesehatan milik pemerintah. Saat ini, kawasan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini baru memiliki dua rumah sakit ibu anak milik swasta.

”Upaya pemenuhan fasilitas kesehatan dan antusiasme dari masyarakat menjadi alasan utama bagi Pemkab Tangerang untuk membangun RSUD Pakuhaji,” katanya.

Sementara Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menjelaskan, Pemkab Tangerang memiliki 25 program unggulan di tahun 2017 yang telah dicapai, salah-satunya pembangunan RSUD Pantura. ”Saya harap agar nanti masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas RSUD Pakuhaji dengan sebaik-baiknya sehingga akan mampu meningkatkan derajat kesehatanya,” terangnya.

Dalam acara peresmian itu, pihaknya membuka pelayanan kesehatan secara gratis. Seperti rawat jalan umum, gigi, ibu hamil, deteksi penyakit tidak menular oleh para dokter spesialis, dokter dan tenaga medis lainnya. ”Diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan bagi kesehatannya,” tandasnya. (Wahyu/RBG)