Bupati Tatu Ajak Remaja Daftar jadi TNI

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi unsur Forkopimda meninjau salah satu ASN yang sedang cek kesehatan di barak pengobatan gratis pada acara Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Rabu (18/4).

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai, minat warga Kabupaten Serang terhadap profesi anggota militer masih minim. Padahal, kehadiran anggota militer dinilai sudah memberikan dampak positif di berbagai wilayah, termasuk di Kabupaten Serang yang membantu mengejar target pembangunan.

Kemarin (18/4), Tatu menghadiri acara pembukaan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal. Acara juga dihadiri Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Akademi TNI Mayjen TNI Dody Wisodo Hargo S, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), serta para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang. Dalam acara, jajaran OPD Pemkab beserta puluhan taruna yang sedang melaksanakan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) memberikan program kegiatan sosial kepada masyarakat. Mulai dari pengobatan gratis hingga pelayanan pembuatan KTP elektronik (KTP-el).

Ketika sambutan, Tatu mengajak para remaja agar dapat mendaftarkan diri menjadi taruna dan bisa bergabung sebagai anggota militer. Dengan adanya komunikasi antara warga sipil dengan taruna pada kegiatan Latsitardanus di sejumlah desa, diharapkan Tatu, dapat memotivasi warganya untuk mendaftarkan diri menjadi anggota militer.

Senada disampaikan Dandim 0602 Serang Letkol Czi Harry Praptomo. Kata Dandim, minat warga untuk masuk menjadi anggota TNI di Provinsi Banten masih rendah dibandingkan daerah lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jogjakarta. Oleh sebab itu, ia memilih Kabupaten Serang sebagai tuan rumah Latsitardanus ke-38 untuk membangkitkan motivasi masyarakat agar mau ikut bergabung menjadi anggota militer. “Di Banten persentase yang jadi taruna Akabri (menyebut Akmil-red) masih sedikit. Siapa tahu dengan adanya interaksi taruna di sini (Kabupaten Serang-red), para pemudanya termotivasi masuk Akmil,” harapnya.

Dijelaskan Dandim, ada standar kelulusan yang harus dilalui calon anggota korps pertahanan kedaulatan negara tersebut. Salah satunya, lolos pada kegiatan Latsitardanus.

Kesempatan menjadi anggota militer juga, lanjutnya, berlaku bagi perempuan. “Sekarang kan ada juga Taruni buat perempuan, ini jadi kesempatan besar. Apalagi kehadiran taruna di sini (Kabupaten Serang), minimal warga mau mendaftar dulu jadi calon anggota TNI,” tandasnya. (Rifat/RBG)