Bupati Tatu Akui Pendidikan di Kabupaten Serang Masih Bermasalah

0
240
SERANG – Di hari ulang tahun ke-491, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengakui masih banyaknya permasalahan pada aspek pendidikan di Kabupaten Serang. Hal tersebut diungkapkan Tatu dalam rapat paripurna istimewa HUT Kabupaten Serang ke-491 di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang.
Di depan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Serang dan tamu undangan, Tatu mengatakan, pada aspek pendidikan, permasalahan yang masih dihadapi antara lain menyangkut dengan kondisi infrastruktur sekolah, angka rata-rata lama sekolah, kualitas murid terutama berkaitan dengan pendidikan karakter siswa yang berakhlak mulia dan kualitas guru.
“Oleh karenanya untuk mengatasi berbagai masalah tersebut kami berupaya melakukan berbagai program dan kegiatan,” ujar Tatu, Minggu (8/10).
Beberapa program dan kegiatan tersebut diantaranya, implementasi penerapan Perda nomor 1 tahun 2006 tentang Ketentuan Penyelenggaraan Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah di Kabupaten Serang dengan cara melampirkan ijazah lulus Madrasah Diniyah Awaliyah bagi siswa yang akan mendaftar ke jenjang SMP.
Selanjutnya, Pemkab Serang melakukan penyediaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Penyediaanya beasiswa pendidikan SD sederajat dan SMP sederajat bagi peserta didik dari rumah tangga miskin.
“Program lain yang dilakukan Pemkab Serang yaitu pemberian insentif guru Paud, beasiswa guru Paud, penyelenggaraan paket A setara SD, penyelenggaraan paket B setara SMP, penyelenggaraan Paket C setara SMA, pendidikan keaksaeaan, pemberdayaan. Tenaga pendidik non formal, pemberian insentif guru ngaji dan pendamping, pemberian insentif guru Madrasan Diniyah Awaliyah dan pendamping, dan pengadaan sarana prasarana rehabilitasi dan pembangunan gedung SD serta SMP,” papar Tatu. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)