Bupati Tatu Bagikan KIS untuk Warga Kurang Mampu

0
628

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Divisi Regional XIII membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga kurang mampu di Kabupaten Serang.

Acara tersebut dilaksanakan di Tenis Indoor Pemkab Serang dan dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Serang, serta perwakilan peserta yang berjumlah 500 orang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, saat ini jumlah masyarakat di Kabupaten Serang yang terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) KIS masih rendah. Hal tersebut dikarenakan rantai pendistribusian yang tidak tepat sasaran.

“Kalau dilihat dari jumlahnya anggaran dari APBD yaitu 2.026 jiwa, harusnya cukup. Namun karena ada pendistribusian yang tidak tepat sasaran jadi masih kurang, ini pasti awalnya dari pendataan,” katanya saat diwawancarai seusai penyerahaan KIS, di Tenis Indoor Pemkab Serang, Rabu (19/4).

Untuk warga yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, Pemkab Serang masih menganggarkan Jamkesda. Yang teknisnya harus mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala desa.

“Sisa dari masyarakat yang belum tercover oleh BPJS akan kita cover melalui Jamkesda, dan kita harapkan masyarakat menengah ke atas agar bergabung dengan BPJS mandiri. Karena bagaimanapun, program pemerintah harus ada subsidi silang kepada masyarakat kelas bawah. Kan kalau masyarakat miskin lebih sering bolak-balik pakai BPJS, nah kalau masyarakat kelas atas lebih menjaga pola hidup sehat sehingga lebih sering mengunjungi dokter praktik khusus,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS, mengungkapkan tahun lalu jumlah peserta di Kabupaten Serang yakni sebanyak 480 ribu jiwa untuk (PBI) yang dianggarkan oleh APBN, namun untuk peserta PBI yang dianggarkan oleh APBD sejumlah 20.026 jiwa.

“Yang terbaru di tahun 2017 peserta yang dianggarkan APBD di Kabupaten Serang sebanyak 20.026, namun untuk PBI yang dianggarkan oleh APBN sejumlah 7.500 jiwa, yang didistribusikan melaui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Dinas Sosial,” katanya.

BPJS Kesehatan saat ini makin mempermudah masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS. “Saat ini kita sudah buka di 67 mall di seluruh Indonesia. Kalau di Serang, pendaftaran mandiri bisa dilakukan di MoS (Mall of Serang) dan ada 47 kader JKN-KIS dan Dropbox, dimana kita yang akan mengambil mendaftar dan mengantarkan kartu JKN-KIS,” jelasnya.

Dalam acara tersebut juga, Pemerintah Kabupaten Serang memberikan dua unit sepeda motor bagi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial untuk mendongkrak semangat demi meminimalisasi masyarakat miskin di Kabupaten Serang. Serta BPJS Kesehatan memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 23 juta dan 300 perlengkapan ibadah bagi Desa Palupuy, Kecamatan Cinangka, Anyer, yang minggu lalu terkena musibah banjir. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)