Bupati Tatu Gagas Jurus Silat Baru

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menggagas jurus silat terbaru yaitu jurus Kaserangan, demi melestarikan seni bela diri silat sebagai olahraga tradisional di Kabupaten Serang.

“Gerakan ini adalah gagasan. Hanya punya keinginan. Para pimpinan peguron di setiap kecamatan pasti ada dan saya terpikir ada gerakan secara massal, dilatih pada semua siswa di Kabupaten Serang,” ujarnya saat mengisi sambutan Anyer Krakatau Culture Festival 2017, di Florida Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (19/8).

Paling utama bagi Tatu, menjadi keinginannya melestarikan silat di Kabupaten Serang dan Provinsi Banten, supaya seni budaya silat ini tidak dipandang seni budaya yang ketinggalan jaman.

“Jangan sampai siswa siswanya berkembang lebih bangga seni bela diri yang datang dari luar. Tapi kita punya seni bela diri yang patut dibanggakan ada seni, igel, dan gerakan tersendiri,” tuturnya.

Khususnya, kata dia, bagi para pelatih yang telah menciptakan dan mengaktualisasikan cita-cita keinginannya melestarikan silat tradisional khas Kabupaten Serang.

Jurus Kaserangan yang digagas Bupati Serang ini pun, akan dijadikan mata pelajaran muatan lokal (mulok) di SD, SMP dan SMA Kabupaten Serang. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)