Bupati Tatu Ikut Program Leaderpreneurship di Singapura

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (kanan belakang) foto bersama para kepala daerah yang mengikuti program leaderpreneurship di CSC Singapura, Senin (16/7).

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terpilih menjadi salah satu dari 20 bupati walikota untuk mengikuti program leaderpreneurship yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerja sama dengan Civil Service College (CSC) Singapura di Negara Singapura. Program itu untuk menambah wawasan kepala daerah dalam inovasi kebijakan dan pelayanan.

Tatu bersama 19 bupati walikota se-Indonesia akan mengikuti program selama lima hari, terhitung sejak kemarin (16/7) hingga Jumat (20/7). Tatu mengatakan, program leaderpreneurship didedikasikan untuk mengingatkan layanan publik, melengkapi layanan publik pada masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

“Tentu program ini sangat menambah wawasan dan pengetahuan kepala daerah. Terutama dari segi peningkatan kapasitas inovasi kebijakan dan pelayanan pemerintah daerah,” ujarnya dalam siaran pers yang disampaikan Bagian Komunikasi Informatika (Kominfo) Setda Pemkab Serang, kemarin.

Selama lima hari, Tatu mengaku, bersama 19 bupati walikota akan mengikuti kursus singkat tentang persaingan global, revolusi industri, inovasi pelayanan dengan studi pengalaman di Singapura, manajemen dan pengembangan daerah, serta kepemimpinan. “Meski kami sebagai kepala daerah, tentu harus terus belajar agar kebijakan daerah semakin baik,” terang ibu tiga anak itu.

Meskipun Pemkab sudah meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berpredikat BB (sangat baik), politikus Partai Golkar itu mengaku, ingin memantapkan dan memastikan proses akuntabilitas kinerja bisa sampai ke tingkat kecamatan.

“Saat ini saya merasakan program di OPD (organisasi perangkat daerah) lebih efektif. Ke depan, program Pemkab Serang harus lebih efektif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya. (*/Rozak)