Bupati Tatu Raih Penghargaan dari Wapres

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menerima penghargaan dari BPJS yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/7).

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kembali meraih penghargaan. Jika sebelumnya meraih Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, kali ini Tatu meraih penghargaan Paritrana Award dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atas prestasi pada bidang jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/7). Turut mendampingi Kalla, yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Tatu mengucapkan rasa syukurnya dan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Serang yang telah terbukti memberikan manfaat jaminan sosial kepada tenaga kerja. Selain itu, Tatu menilai, BPJS Ketenagakerjaan sudah membuktikan keseriusannya mewujudkan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Serang. Oleh karena itu, kata Tatu, pihaknya terus mendukung program BPJS Ketenagakerjaan yang menjalankan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, hingga jaminan hari tua.

“Kami akan terus menyosialisasikan kepada pekerja nonformal untuk ikut serta menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Tatu melalui siaran pers yang disampaikan Bagian Komunikasi Informatika (Kominfo) Sekretariat Daerah (Setda Pemkab Serang), Selasa (31/7).

Terkait penghargaan yang diraihnya, semua itu atas kinerja dan sinergitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang bersama seluruh organisasi perangkat (OPD) di lingkungan Pemkab Serang. “Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Serang. Mari terus bersama mewujudkan Kabupaten Serang yang sejahtera,” ajaknya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah atas kepeduliannya menjalankan amanah undang-undang pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Bentuk apresiasi berupa Piala Paritrana yang memiliki arti perlindungan dalam bahasa Sanskerta. Piala juga didesain oleh seniman ternama I Nyoman Nuarta.

“Kami berharap penghargaan ini mampu membangun semangat pemimpin daerah dan perusahaan untuk menjamin warga dan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan. Khususnya perlindungan paripurna dari BPJS Ketenagakerjaan,” harapnya.

Sekadar diketahui, penyelenggaraan penghargaan hasil inisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI bersama BPJS Ketenagakerjaan. Penghargaan didedikasikan untuk daerah yang dinilai sukses menjalankan amanah Undang-Undang tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kriteria penghargaan atas regulasi yang mendukung pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, Tatu sudah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Serang Nomor 35 Tahun 2017 dan Surat Edaran Bupati Nomor 560-1900-huk-2017 dan Nomor 560-1901-huk-2017. Belum lagi hasil capaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari jumlah angkatan kerja yang ada di Kabupaten Serang, kepatuhan perusahaan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, serta pelaksanaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang mensyaratkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan izin usaha.

Penilaian cukup ketat karena melibatkan asosiasi pengusaha, serikat pekerja, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pusat Statistik (BPS), dan instansi pemerintah. Terdapat lima kategori pemenang, yaitu pemerintah provinsi terbaik, pemerintah kabupaten kota terbaik, perusahaan besar terbaik, perusahaan menengah terbaik dan usaha kecil mikro (UKM) terbaik.

Untuk pemerintah provinsi terbaik pertama diraih oleh Provinsi Jawa Tengah, terbaik kedua Provinsi Jawa Timur, dan terbaik ketiga Provinsi DKI Jakarta. Sementara kategori pemerintah kabupaten kota terbaik diraih Kota Surakarta untuk terbaik pertama, Kota Jember terbaik kedua, dan Kabupaten Serang terbaik ketiga. (Rozak/RBG)