Bupati Zaki: Jaga Pilkades Aman dan Demokratis

0
212 views

TANGERANG – Sebanyak 660 bakal calon (Bacalon) kepala desa di Kabupaten Tangerang mengikuti tes kompetensi dasar di gedung olahraga (GOR) indoor sport center, Kecamatan Kelapadua, Selasa (8/10). Jumlah bacalon kades tersebut berasal dari 153 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada Desember 2019.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang membuka tes kompetensi mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting bagi bacalon kepala desa yang dituntut mampu mengembangkan manajemen pemerintahan yang ada. Sehingga diharapkan mampu mengakomodasi kepentingan warga, serta meningkatkan kemajuan desa. Baik dalam pembangunan infrastruktur maupun pelayanan kepada masyarakat. “Saya berharap adanya tes kompetensi ini bisa meningkatkan pengetahuan para bakal calon kades yang akan mengabdikan dirinya untuk masyarakat ke depan,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tangerang itu juga meminta, semua bacalon kepala desa bisa mengikuti secara tertib semua proses yang ditentukan. Ia berharap, mereka yang lolos seleksi nantinya, bisa berkompetisi secara demokratis dan ikut serta menjaga Pilkades yang aman tanpa konflik. “Jangan sampai ada konflik di masyarakat. Mari kawal dan jaga bersama agar Pilkades ini berjalan demokratis, tertib, aman dan lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Ahdiyat Nuryasin menjelaskan, tes kompetensi dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan urusan pemerintahan. “Ini sebagai upaya pembinaan dan memperkaya kompetensi para calon kepala desa sebelum nantinya menjabat sebagai kepala desa,” jelasnya.

Mantan asisten daerah (Asda) II Kabupaten Tangerang tersebut menambahkan, hasil tes kompetensi akan dibuatkan ranking sesuai nilai yang didapat. Dari ranking tersebut nanti akan dipilih maksimal lima calon kepala desa dari setiap desa.

“Jadi kalau ada bakal calon yang lebih dari lima nanti sisanya akan tereliminasi sesuai ranking dari nilai hasil tes kompetensi yang dilakukan. Semoga bisa menghasilkan calon kepala desa yang berkualitas dan bersungguh sungguh dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya. (mg-04/adm)