Buruh Tuntut PT. KS Rekrut Karyawan Outsourcing Menjadi Karyawan Tetap

0
1.202 views
Suasana audiensi buruh bersama perwakilan DPRD Kota Cilegon dan PT KS hari ini di gedung DPRD Kota Cilegon.

CILEGON – Ratusan buruh yang tergabung dari Federasi Serikat Buruh Krakatau Steel (FSBKS) kembali berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Cilegon untuk menuntut perekrutan karyawan outsourcing menjadi karyawan tetap, Rabu (21/12).

Tidak lama saat buruh melakukan orasi, sejumlah perwakilan buruh diterima masuk kedalam ruangan gedung DPRD Kota Cilegon. Mediasi antara perwakilan buruh, pihak PT. Krakatau Steel, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), dan Komisi II DPRD Cilegon akhirnya berlangsung dengan dikawal oleh petugas Kepolisian dari Polres Cilegon.

Gelaran mediasi berlangsung dengan suasana yang tidak kondusif. Sejumlah buruh ada yang memukul meja, bahkan juga ada yang berteriak lantaran menganggap pihak Disnaker Cilegon dan Komisi II DPRD Cilegon tidak memihak tuntutan buruh dalam mediasi itu.

“Semua tidak ada yang berpihak diposisi buruh. Kita akan terus melanjutkan aksi ini dan akan menuju ke Jakarta untuk menemui pucuk pimpinan KS di sana. Kita juga akan melaporkan ke DPR RI,” ujar Muhari, Wakil Ketua FSBKS Cilegon.

Sementara itu, Sanudin Ketua FSBKS Cilegon mengeluhkan PT. KS yang tidak ingin merubah aturan perekrutan karyawan tetap dengan menerima dari tenaga outsourching yang telah bekerja di PT. KS selama lebih dari 10 tahun.

“Kita sangat tidak puas dengan mediasi ini. Perwakilan KS yang datang bukan porsinya, mereka hanya datang untuk menolak. Selama ini teman-teman outsorching tidak pernah dikasih kesempatan untuk menjadi karyawan tetap,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik mengaku pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memaksa PT.KS agar mengikuti tuntunan buruh. “Kita hanya mendukung agar buruh melanjutkan aksinya,” ucapnya.

Head of Human Capital Administration and GA PT. KS, Agus Nizar Vidiansyah menegaskan PT. KS akan tetap mengambil tindakan perekrutan tenaga kerja seperti apa yang telah ditetapkan. “Rekrutmen telah diputuskan dan dipublish dan Itu boleh diikuti oleh siapapun secara terbuka oleh siapapun asalkan memenuhi persyaratan,” katanya. (Riko)