Bus Peziarah Banten Lama Terbakar

0
1.705 views

SERANG–Bus Fiqri Family bernopol F 7874 WB hangus terbakar di Jalan Tol Tangerang-Merak, KM 65 Kragilan, Kabupaten Serang, Rabu (9/12) siang. Diduga bus yang mengangkut puluhan peziarah itu terbakar dipicu oleh korsleting listrik pada air conditinoner (AC).

Informasi yang diperoleh Radar Banten, insiden terbakarnya bus yang dikemudikan oleh Panca Robi Efendi (31) itu terjadi sekira pukul 11.15 WIB.

Sebelumnya, bus tersebut melaju dari arah Merak menuju Tangerang. Bus itu baru saja berangkat dari Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Bus berpenumpang sekira 50 orang itu berniat pulang ke Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) usai berziarah ke wisata religi Banten Lama.

Namun, saat melintas di lokasi kejadian, percikan api muncul kabel AC bus. Percikan api itu membuat penumpang panik.  Pengemudi bus seketika menepikan kendaraannya ke bahu jalan. “AC ini tiba-tiba mati, setelah mati ada penumpang melihat percikan api di kabel, saya langsung berhenti,” kata Panca di lokasi kejadian, kemarin.

Panca meminta seluruh penumpang keluar dari bus. Tak lama, kepulan asap hitam membubung dari atap bus. Sementara api mulai membesar dan membakar badan bus.

“Kami habis ziarah keliling Banten Lama, ini rencananya mau pulang ke Purwakarta,” kata Panca.

Sementara Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri Tol Tangerang Merak Ajun Komisaris Polisi (AKP) Denny Catur mengatakan, untuk memadamkan api, tiga unit mobil pemadam dikerahkan. “Tadi sudah padam sekira satu jam lebih kita berjibaku di lokasi,” kata Denny.

Arus lalu lintas dari arah Merak menuju Tangerang sempat macet hingga 3 kilometer. Untuk mengurai kemacetan, lajur kiri arah Tangerang ditutup. “Kemacetan tadi sekira 3 KM, ekor (kendaraan-red) sampai di KM 68. Saat pemadaman kami tutup jalur takutnya ada lanjutan (kebakaran-red),” tutur Denny. (mg05/nda)