BUS: Dua bus Trans Cilegon terparkir di Kantor Dishub Kota Cilegon, Jumat (4/1/2019). Foto: Bayu Mulyana

CILEGON – Trans Cilegon ditargetkan akan mulai aktif beroperasi pada Februari 2019 mendatang. Sarana angkutan umum baru itu akan melewati trayek baru, yaitu dari Terminal Seruni hingga Ciwandan melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Andi Affandi menjelaskan, pertengahan Januari mendatang Pemkot Cilegon akan meluncurkan trayek tersebut. “Sebenarnya sejak di-launching sudah beroperasi, tapi sepertinya efektif aktif beroperasi Ferbuari nanti,” kata Andi di ruang kerjanya, Jumat (4/1).

Menurut Andi, sarana pendukung trayek itu sudah siap. Dua unit bus sudah selesai dipesan dan saat ini sudah berada di kantor Dishub Kota Cilegon. Sarana lainnya berupa shelter penumpang sudah selesai dibangun sebanyak empat shelter.

“Sekarang sedang kita uji coba dulu untuk tahu jarak tempuh dan juga kesiapan armada dan lainnya,” papar Andi menjelaskan.

Dengan aktifnya Trans Cilegon diharapkan masyarakat mulai membiasakan diri menggunakan transportasi umum. Selain itu diharapkan kemacetan di jalan protokol pun dapat terurai. (Bayu Mulyana)