CILEGON – Sepanjang tahun 2014 lalu, Satresnarkoba Polres Cilegon sudah berhasil mengungkap sebanyak 58 kasus narkoba dengan melibatkan 89 tersangka. Jumlah itu mengalami peningkatan sekira 80 persen dari kasus yang diungkap pada tahun 2013 silam yang tercatat hanya 38 kasus dengan melibatkan 51 tersangka.
“Pengungkapan kasus pada tahun ini berdasarkan LP (Laporan Polisi-red) memang mengalami peningkatan. Tersangka, yaitu pengguna dan pengedar didominasi oleh kalangan pekerja dan pelajar,” ungkap Kasat Narkoba Polres Cilegon AKP Wahyu Diana, Selasa (6/1/2015).

Faktor pemicu terjadinya peningkatan kasus itu, kata dia, karena didorong persoalan pribadi dan lingkungan sekitar tersangka. “Modus transaksinya pun dari tahun ke tahun selalu terjadi perubahan. Seperti tahun 2014 lalu, transaksi yang kita ungkap, tersangka tidak lagi bertransaksi langsung face to face, melainkan melalui telpon, lalu barang ditaruh di satu tempat yang sudah disepakati agar memutus jaringan mereka,” terangnya.

Yang disesalkan lagi, jelas Wahyu, dalam pengungkapan kasus itupun turut melibatkan belasan wanita dan anak dibawah umur. “Dari 89 tersangka itu, 80 orang diantaranya sudah divonis,” ujarnya. (Devi Krisna)