Butet Ditantang Tanding Bulu Tangkis di Dalam Pesawat

Baru saja pensiun akhir Januari lalu, pebulu tangkis putri Indonesia Liliyana Natsir sudah mendapat tantangan bertanding bulu tangkis. Tantangan kepada Butet kali ini agak berbeda karena ia tidak akan bertanding di lapangan bulu tangkis, melainkan di dalam pesawat yang sedang terbang di ketinggian 17 ribu kaki dari permukaan tanah.

Butet akan bertanding di dalam kabin pesawat C-130 Hercules pada Sabtu (9/2). Namun, pertandingan ini bukanlah pertandingan sungguhan yang bakal menguras keringat dan emosi. Laga tersebut merupakan bagian dari acara #JoyflightWithButet yang diadakan oleh TNI Angkatan Udara (AU).

Kasubdispenum TNI AU, Letkol Sus M. Yuris pada Jumat (8/2) mengatakan bahwa pesawat Hercules yang mengangkut Butet akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Yuris juga menjadi sosok yang akan melawan Butet di dalam pesawat nanti.

“Butet akan tanding dengan saya. Ini baru pertama kali ada di dunia main bulu tangkis di ketingian 17 ribu kaki. Ini baru pertama kalinya terjadi dan belum pernah ada di manapun,” ujar Yuris saat dihubungi JawaPos.com.

Menurut Yuris, nantinya pertandingan bulu tangkis di udara tersebut akan berlangsung selama kurang lebih satu jam. Yuris juga menuturkan bahwa pertandingannya dengan Butet nanti tidak lebih dari sekadar bermain santai.

“Nggaklah, nggak main sampai dua game (seperti pertandingan bulu tangkis profesional, Red). Hanya simulasi saja, karena kabinnya juga kan tidak terlalu luas. Intinya kita cuma menghargai Butet aja,” paparnya.

Butet resmi pensiun pada Januari 2019. Dia mengakiri masa karirnya setelah menjadi runner up di turnamen Indonesia Masters 2019 yang berlangsung pada 22-27 Januari. (JPC)