Butuh Kalsium Tapi Tak Suka Susu? Coba 5 Makanan Ini

Biji chia. Foto: iStock.com

SUSU adalah sumber kalsium paling populer saat ini. Namun, tentu saja bukan sumber satu-satunya, bahkan jauh dari itu.

Tubuh membutuhkan kalsium untuk fungsi otot yang tepat, sekresi hormon dan tulang yang sehat.

Karena itu, mereka yang tidak suka atau pantang mengonsumsi susu tetap sangat membutuhkan asupan kalsium.

Nah, di bawah ini ada beberapa makanan sumber kalsium yang bisa menggantikan susu dalam diet Anda seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (9/4):

1. Kale
Kale kaya akan nutrisi termasuk vitamin, serat dan antioksidan. 1 cangkir kale yang dimasak mengandung 94 miligram kalsium.

Diet tinggi kalsium bisa membantu mempromosikan gigi dan tulang yang kuat dan juga bisa membantu menurunkan risiko osteoporosis.

2. Buah ara
BBC Good Food mengatakan buah ara mengandung sejumlah besar serat dan prebiotik yang mempromosikan bakteri baik dalam usus Anda.

Tapi yang lebih penting, mereka juga bisa memberikan keuntungan bagi tulang Anda, terutama jika Anda makan diet yang tinggi natrium.

Makan makanan asin sebenarnya bisa menyebabkan peningkatan ekskresi kalsium melalui urine.

Untungnya, dengan makan buah ara Anda bisa mengatasi masalah ini karena mereka mengandung kalsium dan kalium. Lebih banyak kalium sangat bermanfaat karena membantu menjaga kalsium dalam tulang Anda.

Akibatnya, kombinasi nutrisi ini bisa mengurangi risiko kondisi kesehatan seperti osteoporosis dan membantu menjaga nutrisi yang tepat dalam tubuh Anda.

3. Sarden
Menurut Livestrong, sarden mengandung 20 gram protein dan kaya akan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, mereka juga kaya akan kalsium.

4. Biji chia
Jika Anda bertanya-tanya mengapa chia telah menjadi begitu populer dalam beberapa tahun terakhir, itu karena mereka menawarkan berbagai nutrisi.

Menurut Greatist, biji chia sudah ada sejak zaman Maya dan Aztec dan digunakan sebagai sumber utama energi.

Selain itu, mereka kaya akan antioksidan, asam lemak yang sehat, kalium dan mengandung sedikit protein.

Biji chia juga mengandung kalsium enam kali lebih banyak dari susu.

5. Edamame
Tidak hanya kacang, ini merupakan sumber serat yang baik dan mengandung semua asam amino esensial untuk membuat protein lengkap, mereka juga tinggi kalsium.

1 cangkir edamame mengandung 33 persen dari nilai kalsium yang direkomendasikan. (fny/jpnn)