Atlet atletik pelajar Kabupaten Serang secara intensif berlatih di lintasan atletik Stadion Grup 1 Kopassus, Taman, Taktakan, Kota Serang, Minggu (11/2) sore.

SERANG – Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Serang menargetkan menggondol delapan keping medali emas pada multievent tingkat pelajar se-Banten, yakni Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018, pada Mei nanti di Kabupaten Tangerang. Optimisme tinggi itu diusung lantaran potensi atlet pelajar yang dimiliki Pengcab PASI Kabupaten Serang saat ini memiliki kualitas serta prestasi mumpuni di level provinsi.

Delapan keping medali emas yang merupakan target awal masing-masing dibebani kepada Nenden (nomor lari 100 meter dan 200 meter putri), Bimo Sunjaya (lari 100 meter dan 200 meter putra), Ratnas (nomor jalan cepat), Orlin (nomor lari 400 meter putri), Deni (nomor lempar lembing dan lempar cakram putra), serta Rahmawati (nomor tolak peluru dan lempar cakram putri).

Ketua Umum Pengcab PASI Kabupaten Serang Iyos Rosandi mengatakan, diandalkannya enam atlet tersebut di popda nanti tidak lepas dari konsistensi prestasi yang ditunjukkan pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sirkuit Atletik Banten di dua seri sepanjang tahun 2017. “Sebetulnya peluang medali emas kami bukan hanya ada di enam atlet itu saja, masih ada beberapa atlet lain yang diprediksi mampu menyumbangkan medali emas. Namun, sejauh ini yang konsisten mempersembahkan medali emas di setiap gelaran kejurda adalah keenam atlet itu. Bukan bermaksud menyombongkan diri, olahraga atletik kan terukur jadi ada sekira 12 nomor yang bisa kami jadikan medali emas,” kata Iyos kepada Radar Banten saat ditemui saat meninjau latihan atlet di lintasan atletik Stadion Grup 1 Kopassus, Taman, Taktakan, Kota Serang, Minggu (11/2) sore.

Iyos menambahkan, target lain yang akan diincar tim atletik Kabupaten Serang di popda nanti adalah memperbaiki prestasi. “Pada Popda VIII Banten 2016 di Kabupaten Pandeglang, kami hanya bisa membawa 18 keping medali yang terdiri dari tiga emas, sembilan perak, dan enam perunggu. Bila berkaca pada hasil Kejurda Sirkuit Atletik Banten 2017, di dua seri itu kami juara umum. Insya Allah, kami tinggal mempertahankan saja performa atlet agar tetap stabil hingga popda digelar,” imbuhnya.

Pelatih Atletik Pelajar Kabupaten Serang Sutiman optimistis, target yang ditetapkan mampu terpenuhi melihat kualitas atlet yang setiap hari semakin menunjukkan peningkatan performa. “Itu kan (delapan medali emas-red) target awal. Insya Allah, bisa lebih. Hanya saja saat ini kami belum menjalani pemusatan latihan, masih desentralisasi (terpisah-red) latihannya. Atlet yang kami siapkan untuk popda berasal dari enam klub, yakni Pamarayan, Kopo, Cinangka, Tirtayasa, Ciruas, Cinangka, dan Atulo Grup I Kopassus. Mereka (atlet) tetap rutin berlatih,” terangnya. (Andre AP/RBG)