Cabor Woodball Boyong Empat Emas dari Korea Selatan

Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo (berhijab) foto bersama pengurus dan atlet woodball Banten yang sukses meraih medali emas di Korea Selatan, Kamis (20/6) di Sekertariat KONI Banten.

SERANG – Dua atlet woodball asal Banten sukses memboyong empat medali emas pada kejuaraan Asian Cup 2019 dan Korea Selatan Open 2019. Prestasi itu memecut semangat Banten dalam Pra PON 2019.

Medali emas pertama diperoleh dari nomor stroke men single atas nama Ahris Sumariyanto di Asian Cup. Sumbangan medali emas kedua diperoleh dari nomor stroke men double atas nama Ahris Sumariyanto dan Muhammad Kadik.

Ahris Sumariyanto kembali menyumbang medali emas pada kejuaraan Korea Selatan Open pada nomor yang sama. Ahris Sumariyanto dan Muhammad Kadik kembali menyumbangkan medali emas di nomor stroke men double pada kejuaraan tersebut.

Perebutan medali emas, menurut Ahris Sumariyanto, berlangsung ketat. Seperti di Asian Cup nomor stroke men single, Ahris Sumariyanto harus bersaing sengit melawan atlet asal Hongkong, yaitu Ngai Chun Yin Jeremy.

“Semua lawan tidak ada yang mudah. Tapi, akhirnya saya berhasil jadi yang pertama, disusul atlet Hongkong di posisi kedua, dan atlet asal Taipei di urutan ketiga,” kata Ahris saat berkunjung ke Sekretariat KONI Banten, Kamis (20/6).

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Indonesia Woodball Association (IWba) Banten Suhendar Wijaya mengaku hanya mengirim dua atlet untuk mengikuti dua kejuaraan tersebut di Korea Selatan. Dua atlet tersebut sukses membayar kepercayaan Pengprov Iwba Banten dalam kejuaraan yang berlangsung pada Jumat (14/6) hingga Rabu (19/6). “Tentu bangga atas prestasi yang diraih oleh atlet putra kita, apalagi melihat persaingannya dari sebelas negara. Kami berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan menjadi modal bagi kami untuk merebut tiket PON Papua 2020,” kata Suhendar.

Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo menyambut gembira prestasi yang ditorehkan atlet putra woodball Banten di tingkat Asia. Rumiah mengakui cabor woodball merupakan salah satu cabor unggulan Banten untuk mengamankan target di PON Papua 2020. “Kirim dua atlet, dapat empat emas. Ini prestasi yang sangat membanggakan. Apalagi jelang babak kualifikasi PON. Semoga prestasi ini bisa diperoleh juga di Papua nanti. Mudah-mudahan atlet Banten bisa mengejar target sepuluh di PON,” harap Rumiah. (rbs/nda/ira)