Calon Kepala Daerah PDIP Diumumkan Serentak

0
103
Plh Ketua DPC PDIP Kabupaten Serang Asep Rahmatullah memperlihatkan desain pembangunan gedung serbaguna PDIP Banten kepada Plh Ketua DPD PDIP Banten Ahmad Basarah, Kamis (21/9). FOTO: SUPRI/RADAR BANTEN

SERANG – PDIP masih tarik ulur nama-nama yang akan dicalonkan pada Pilkada Serentak 2018 di empat daerah Provinsi Banten. Namun, dalam waktu dekat partai berlambang moncong putih itu akan mengumumkan kandidatnya secara serentak. Nama-nama yang akan dicalonkan juga akan diumumkan secara sepaket berpasangan.

“Tentu setiap partai punya prosedur yang berbeda-beda, PDI Perjuangan pada umumnya penetapannya satu paket, calon kepala dan wakil kepala daerah direkom secara langsung,” kata Plh Ketua DPD PDIP Banten Ahmad Basarah usai peringatan 1 Muharam 1439 Hijriah dan pembagian plang kantor PAC PDIP se-Banten di aula DPD PDIP Banten, Ciracas, Kota Serang, Kamis (21/9).

Ia mengaku, sudah melakukan proses lobi politik dengan partai dan para kandidat di empat kabupaten kota di Banten yang akan melaksanakan pilkada. “Kita masih melakukan pendalaman, pengkajian untuk memilih kepala daerah yang menjadi harapan masyarakat,” katanya.

Meski tidak menyebutkan secara pasti, Basarah mengaku, nama-nama kandidat yang akan diusung PDIP sudah mengerucut. “Demi memperhatikan kepentingan rakyat, demi mendapatkan calon-calon yang sesuai aspirasi mereka maka kami tidak ingin gegabah, kami harus melakukan pengkajian secara mendalam,” katanya.

Hingga saat ini, Basarah mengatakan jika tugasnya sebagai Plh hingga 3 Oktober adalah mewujudkan lima program mantap partai. Yakni, mantap ideologi, mantap organisasi, mantap kader, mantap program, dan mantap sumber daya organisasi. Ia berharap, kepengurusan di bawah DPD PDIP yang baru dapat memenangkan perhelatan pilkada di Banten, pileg, dan pilpres 2019.

Wakil Sekretaris DPP PDIP itu juga mengungkapkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan berkunjung ke Banten pada 2 Oktober. Kedatangan mantan Presiden wanita pertama Indonesia itu, dikatakan Basarah, dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna DPD PDIP.

Menurut Basarah, gedung serbaguna tersebut bagi PDIP bukan sekadar bangunan fisik semata. Namun secara esensial, menjadi pusat pergerakan kebudayaan, sarana konsolidasi, wahana penyatuan antara partai dengan rakyat. “Dengan kantor serbaguna, partemuan pengurus partai dan sayap partai, badan partai bisa dilakukan di tempat yang representatif,” katanya.

Sementara itu, Plh Ketua DPC PDI Kabupatan Serang Asep Rahmatullah mengatakan, instruksi DPP untuk melakukan konsolidasi internal akan terus dilakukan. Apalagi, pemantapan organisasi melalui pemasangan plang pada PAC sudah dilakukan. “Kami akan terus bergerak dan melakukan penguatan internal sebagai pengejawantahan lima program mantap partai,” katanya.

Setelah penyerahan dan pemasangan secara simbolis plang papan sekretariat PAC se-Banten, dalam waktu sepekan ke depan semuanya sudah harus rampung. “Setelah itu, kita lanjutkan pemasangan plang pada semua ranting hingga anak ranting. Karena, ini sebagai identitas partai yang menggambarkan mantapnya organisasi dan mantapnya pergerakan partai serta imbasnya dapat menyatu dengan semua masyarakat,” kata Ketua DPRD Banten itu. (Supriyono/RBG)