MENURUNKAN tekanan darah tinggi tentu menjadi hal yang harus dilakukan oleh Anda yang telah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi. Jika Anda biasanya menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi obat-obatan, sekarang Anda tidak perlu lagi ketergantungan dengan obat-obatan yang Anda konsumsi karena sekarang ada cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat.

“Tekanan darah adalah refleksi tubuh dari ketegangan dalam darah, semakin tegang mereka, semakin tinggi tekanan darah Anda yang akan membuat jantung lebih keras bekerja,” kata juru bicara American Heart Association Dr. Vincent Bufalino, seperti dilansir laman Fox News, rabu (25/2).

Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke dan jika tidak terkendali dengan baik, juga dapat mengakibatkan gagal ginjal, kolesterol tinggi, obesitas dan diabetes tipe 2.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi tanpa obat:

1. Makan lebih banyak sayuran.

Studi menunjukkan bahwa semakin banyak kalium dalam diet, maka tekanan darah Anda akan semakin normal. Sumber terbaik kalium terdapat pada sayuran.

2. Menurunkan berat badan.

3. Cukup tidur.

Insomnia dapat dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, sebuah penelitian terbaru di jurnal Hypertension menemukan. Cobalah untuk tidur lebih awal dan menjauhkan semua hal yang membuat Anda sulit tidur seperti kopi, stress dan mematikan peralatan elektronik seperti handpone, Ipad dan TV.

4. Hindari stres

Stres atau rasa cemas berlebih bisa meningkatkan tekanan darah. Luangkan waktu Anda untuk mengenali hal-hal yang membuat Anda stres seperti pekerjaan, keluarga atau urusan finansial. Setelah Anda memahami faktor pemicu stres Anda, pertimbangkan cara menghilangkan atau menanganinya dengan cara yang sehat. Lakukan olah napas secara teratur. Cobalah yoga, meditasi atau pijat. Jika perlu, carilah bantuan dari profesional.

5. Kurangi konsumsi kafein.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa secara sementara menimbulkan lonjakan pada tekanan darah Anda, biarpun efek jangka panjangnya masih belum jelas. Agar aman, lebih baik Anda mengurangi konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya seperti soda.

6. Kakao

Studi menunjukkan bahwa flavanol yang ditemukan dalam coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah.(fny/jpnn)