Ilustrasi merawat tas bermerek (branded) untuk mempertahankan warna. Foto: Dok. MaMit's Laundry/JawaPos.com

BISA membeli tas bermerek (branded) tentu harus bisa merawatnya. Tak sekadar merawat, tetapi juga harus bisa mempertahankan warnanya.

Co-Owner MaMits Laundry Almira Praditha menjelaskan, salah satu yang membuat warna tas pudar adalah karena tingkat kelembaban tas yang dapat dipengaruhi oleh cara pemakaian. Salah penyimpanan yang dilakukan oleh pemilik tas juga bisa mempengaruhi kualitas dan usia tas.

“Kalau tasnya memang sering sekali dipakai dan memang pemakaiannya kurang hati-hati, pastinya dengan mudah kena noda,” kata Almira, sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Coating

Dirinya menyarankan ketika seseorang membeli tas sebaiknya dilapisi dulu dengan teknik coating sebelum dipakai. Apalagi jika warna tas cukup terang agar warnanya tahan lama, sebaiknya dilakukan teknik coating untuk melapisi warnanya.

“Untuk melindungi kulitnya dilapisi coating agar tak terjadi transfer warna. Sehingga tak mudah terkikis,” kata mereka yang mempunyai gerai di Bintaro dan Dharmawangsa itu.

Jauhi dari Noda

Maka, saat tas sudah mulai kotor alangkah baiknya segera dibersihkan kembali. Apalagi jika terkena noda minuman, makanan, dan noda lainnya yang menyebabkan sulit untuk dihilangkan. Lebih baik untuk segera di laundry kembali agar noda lebih mudah di bersihkan.

Perhatikan Penyimpanan

Selain itu, pemilik tas juga harus memperhatikan cara penyimpanan. Cara penyimpanan juga sangat dapat mempengaruhi kondisi tas. “Untuk menyimpan tas dianjurkan menggunakan silica gel untuk menjaga kelembapan tas agar tidak mudah berjamur,” ujarnya. (ika/JPC)