Cara Mudah Cegah Flu dan Pilek

FLU dan pilek merupakan kondisi yang umum dikeluhkan banyak orang dan bisa terjadi pada siapa pun. Meski tak bergantung pada musim dan cuaca, kedua gangguan kesehatan ini banyak dikeluhkan muncul di musim hujan.

Flu disebabkan karena infeksi yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sedangkan pilek adalah penyakit yang menyebabkan keluarnya cairan dari rongga hidung. Ada beberapa gejala yang sering menyertai pilek –seperti hidung tersumbat, bersin, dan gatal. Hal ini terjadi saat hidung mengalami iritasi atau inflamasi (proses peradangan).

Penyebab tersering dari kedua penyakit ini adalah virus. Seperti penyakit lain yang disebabkan virus, flu dan pilek sebenarnya bisa sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan tertentu. Flu bahkan bisa semakin cepat diatasi dengan meningkatkan daya tubuh. Anda perlu istirahat, makan makanan bergizi seimbang, dan olahraga.

Pengobatan yang dilakukan biasanya hanya bersifat simtomatik atau per gejala. Misalnya, meredakan hidung tersumbat dengan pseudoefedrin. Sedangkan untuk meredakan demam, bisa diobati dengan parasetamol.

Mencegah flu dan pilek

Kedua penyakit virus yang mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain ini memang sulit dihindari. Namun bukan berarti tidak dapat dicegah. Anda dapat melakukan beberapa hal ini untuk mencegah flu dan pilek:

1. Makan makanan bergizi seimbang. Penuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, agar imunitas tubuh meningkat. Vitamin C dan E sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, baik pada anak maupun orang dewasa.

2. Istirahat yang cukup. Meski sedang sibuk karena pekerjaan menumpuk, Anda tetap perlu istirahat selama 7–8 jam dalam sehari.

3. Olahraga secara teratur. Anda perlu menyempatkan diri untuk berolahraga di sela-sela kesibukan. Anda juga bisa mengajak seluruh keluarga untuk ikut berolahraga. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, agar terhindar dari segala macam penyakit.

4. Menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan. Melalui tangan, virus dan bakteri bisa berpindah dari satu orang ke orang yang lain. Karena itu, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun pada lima waktu penting yaitu, saat mandi, sebelum makan pagi, siang, dan malam. Kemudian, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah memegang hewan atau memegang eskalator. Terakhir yakni memegang mulut setelah batuk atau bersin.

Ingat, meningkatkan daya tahan tubuh merupakan cara ampuh memulihkan flu dan pilek tanpa obat. Tapi tentu saja mencegah kedua penyakit ini jauh lebih baik daripada mengobati. (BA/RH)